Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Minat Berwirausaha Terhadap Motivasi Untuk Menjadi Young Entrepreneur Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Authors

  • Rossa Ayuni Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Fitri Laras Sati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan minat berwirausaha terhadap motivasi untuk menjadi young entrepreneur pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel yang diambil berjumlah 38 Orang yaitu Semester VII yang sudah mengambil Mata Kuliah Kewirausahaan. Alat analisis menggunakan bantuan SPSS versi 20, yang meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi, Uji F dan Uji T. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Pengetahuan Kewirausahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Motivasi menjadi Young Entrepreneur, hal tersebut dibuktikan dengan sebesar 1,618 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,115 sedangkan Minat Berwirausaha memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Motivasi menjadi Young Entrepreneur, hal tersebut dibuktikan dengan sebesar 5,116 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Koefisien Determinasisebesar 0,621, yang berarti bahwa 62,1% motivasi mejadi young entrepreneur dipengaruhi oleh pengetahuan kewirausahaan dan minat berwirausaha.

Kata kunci: Pengetahuan, Minat, Motivasi

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Maria, Sony. 2013. Transformasi Pembelajaran Berbasis An Entrepreneural Learning dalam Meningkatkan Jiwa Wirausaha untuk Mengatasi Pengangguran Intekletual. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan 2(1):42.

Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.

Slameto.2018. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatit, dan R&D.Bandung : Alfabeta.

Uno, B,H. 2017. Teori Motivasi & Pengukuran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-01-10

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 2648 times