KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KREATIVITAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE NHT PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Authors

  • Rodiatul Azla SMKN 3 Kota Bengkulu

Abstract

Penelitian ini mencoba menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching dan model kooperatif learning tipe NHT untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan kreativitas siswa.Penelitian ini bertujuan ; satu, untuk mengetahui perbedaan kemampuan kognitif dengan menggunakan modelpembelajaran quantum teaching, kooperatif learning tipe  NHTdan pembelajaran konvensionaldi SMKNegeri 3 Kota Bengkulu, dua, untuk mengetahui perbedaan kreativitas siswadengan menggunakan modelpembelajaran quantum teaching, kooperatif learning tipe  NHT dan pembelajaran konvensional di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu, dan tiga,  untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih efektif antara model pembelajaran Quantum Teaching, kooperatif learning tipe NHT dan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran biologi terhadap materi Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah pretest dan postest desain, yang dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok model pembelajaran Quantum Teaching, Kooperatif Learning tipe NHT dan pembelajaran Konvensional. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (Cluster randum sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini dan juga untuk melihat interaksi antara variable tersebut menggunakan analisis ANOVA satu jalur (One Way ANOVA) dan Uji lanjut LSD serta Sceffe.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut : satu, Terdapat perbedaan kemampuan kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching, Kooperatif tipe NHT dan Konvensional pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Penanganan Limbah, dua, Terdapat perbedaan kreativitas siswa yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching, Kooperatif tipe NHT dan Konvensional pada mata pelajaran IPA  dengan pokok bahasan Penanganan Limbah, tiga, Model pembelajaran Quantum Teaching dan Kooperatif tipe NHT lebih baik dari konvensional untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan Penanganan Limbah empat, Model pembelajaran Quantum Teaching dan Kooperatif tipe NHT lebih baik dari konvensional untuk mengetahui kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan Penanganan Limbah, lima, Model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari Kooperatif tipe NHT untuk mengetahui kemampuan kognitif dan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA dengan topik Penanganan Limbah.

 

Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Kreativitas, Quantum Teaching, Kooperatif Learning Tipe Nht

References

Suswanto Djony, dkk.2017. IPA terapan , Erlangga Jepara

Alwi, M. 2011. Belajar Menjadi Bahagia dan Sukses Sejati. Jakarta: Kompas Gramedia

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta

Artini.N.L.E, Ardana.I.K, dan Putra .S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sd Gugus IV Kerobokan Kelod. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).[25 Oktober 2014].

Asrori. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung : Wacana Prima

Aziez. 2009. Ensiklepedia Pendidikan.Jakarta : Adhi Aksara Abadi Indonesia

Baharudin, dkk . 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Budiningsih, C. Asri. 2000. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

. 2005. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Danim, S. 2010. Perkembangan Peserta Didik.Bandung : Alfabeta.

David,A.J.Eggen. P, dan Kauchok.D, 2009. Methods For teaching (Metode-metode Pengajaran, Edisi ke-8). Yogyakarta : Pustaka Pelajar

DePorter, Bobbi. 2000. Quantum Teaching. (diterjemahkan oleh : Alwiyah Abdurahman). Bandung : Kaifa

.(dalam terjemah Nilandari). 2010. Quantum Teaching: Mempraktikkan quan¬tum learning di ruang kelas. Bandung: Kaifa.

. 2010. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

.2014. Quantum Teaching (Mempraktikkan Quantum Learning diruang-ruang Kelas. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Delismara. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Numbered Head Together Dengan Pemberian Reward di SMP Negeri 5 Kota Jambi. Edu-Sains Volume 1 No.1. [19 Oktober 2014]

Fauzul, Y, Oka, N.A dan Putra, A. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Quantum Teaching dengan Dukungan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa.Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).[ 19 Oktober 2014].

Fudyartanto. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.http://matematika-ipa.com/model-pembelajaran-cooeratif-learning-tipe-nht/ Akses: 27 juni 2011.[15 April 2014].

Huda, M(2010). Quantum Teaching (Buku Pintar dan Praktis). Jogjakarta: Diva Press.

(2011) Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar Moleong, L. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, Rachmadiarti, Nur dan Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press.

Irwandi, (2010). Startegi Pembelajaran Biologi Berbasis Kontektual. UMB Press.Bengkulu.

Ismail. 2008. Ilmu Pendidikan Praktis. Jakarta : Ganeca Exact.

, Ilmu Pendidikan Teoritis. Jakarta : Ganeca Exact.

Meier, D. 2002. The Accelerated Learning Hand Book. Bandung: Kaifa.

, 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mudjiono, dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muiz.A, Aminuddin.PP, Naparin. A. 2011. Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMS Negeri 11 Banjarmasin pada Konsep Sistem Gerak dengan Menggunakan Pembelajaran Tipe NHT.Jurnal Wahana-Bio Volume V Juni 201.[19 Oktober 2014].

Mulyasa. 2014. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Nana, Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Nurmu’ani. (2009). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Numbered Heads Together.ISSN : 2337-3253 [20 Agustus 2014]

Nurhadi dan Suwardi. 2010. Evaluasi Pembelajaran Efektif dan Menyenangkan. Jakarta : Multi Kreasi Satu Delapan.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi

Rofiqoh, dkk.(2012). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Ketuntasan Hasil Belajar IPA-Fisika Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe NHT (Numbered Heads Together. Jurnal Pembelajaran Fisika : ISSN 2301 – 9794. [20 Agustus 2014]

Syaharuddin.(2012). Model Pembelajaran.[Online].Tersedia :http://syaharuddin.wordpress.com/2012/07/ . [15 April 2014].

Setiawan, R dan Subrata, S.T. (2012).Pendekatan Quantum Teaching dan Hasil Kali Kelarutan pada Materi Kelarutan.Chemistry in Educationhttp://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined.Universitas Negeri Semarang

Suarji, M.N dan Sudrajat, H. (2010).Efektivitas Pembelajaran Aspek Kognitif Melalui Penerapan Kuis-NHT pada Siswa Kelas XA SMA Negeri 12 Pekan Baru.Jurnal Geliga Sains 4 (1), 28-31, 2010.

Sunhadji. K, 2012.Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik antara Model Pembelajaran Ceramah dan Model Pembelajaran Numberd Heads Together pada Mata Pelajaran Sosiologi :http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity

Susiana, dkk (2013).Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional dan Prestasi IPA.e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. [1 Juni 2014]

Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

, 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Sani, R.A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Sagala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran, Alfabeta.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

. 2002. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2006. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rutoto.S, 2007. Quantum Teaching sebuah Model Pembelajaran Quantum Learning untuk Meningkatkan PrestasiBelajar Siswa Sekolah. Staf Pengajar Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. [22 September 2014]

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Downloads

Published

2022-01-10

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 182 times