Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Peningkatan Volume Penjualan di Home Shop Gibran Collection

Authors

  • Anisa Martiah Akademi Manajemen Informatika Lampung
  • Meirani Meirani Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media sosial dalam memasarkan barang di Home Shop Gibran Collection,Untuk mengetahui peningkatan volume penjualan sebelum menggunakan media sosial dan sesudah menggunakan media sosial di Home Shop Gibran Collection. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan data primer dan data sekunder.  Subjek penelitian ini adalah konsumen ,karyawan dan pemilik Home Shop Gibran Collection. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa konsumen menyatakan puas terhadap kemudahan dalam media sosial yang diberikan Home Shop Gibran Collection. Konsumen juga menyatakan mendapatkan kepercayaan terhadap media sosial Home Shop Gibran Collection. Pemilik Gibran Collection menyatakan bahwa dengan menggunakan media sosial mengalami peningakatan pendapatan dari hasil penjualanya dilihat dari 3.040 barang yang terjual selama dua tahun. peningkatan volume penjualan Home Shop Gibran Collection sebelum menggunakan media sosial dan sesudah menggunakan media sosial  sebanyak 25%.

 

Kata Kunci :Media Sosial, Peningkatan  Volume Penjualan

References

Adi, Nugroho. 2006. E-Commerce: Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Bandung: Informatika Bangung.

Antony. Mayfield. 2008. What Is Sosial Media.ICrossing.

Asri, Marwan. 2010. Marketing. Edisi pertama. Yogyakarta : Penerbit UPP-AMP YKPN.

Basu Swastha DH. 2006. Asas-asas Marketing. Edisi 3. Yogyakarta. Liberty.

Dewing, M. (2012). Social media: An Introduction. Parliamentary Information and Research Service, Social Affairs Division. Canada: Library f parliament.

Kahle, L., Valette-Florence, P., & Ebrary, I. (2012). Marketplace Lifestyles in an Age of Social Media: Theory and Methods. Armonk, NewYork: ME Sharpe.194.

Kaplan, Andreas M & Michael Haenlein. 2010. Users of The World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media.

Kaplan. A.M & Haenlein. M. (2010). User of The World, unit! The callenges and opportunities of Social Media. Business Horizons 53. Hal 59-68

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2002. Marketing Management 15th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngai, E.W., Taoa, S.S., & Moon, K.K. (2015). Social media research: Theories, constructs, and conceptual frameworks. International Journal of Information Management, 35(1), 33-44, doi: 10.1016/j. ijinfomgt.2014.09.004.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta

Saragih, Hoga dan Rizky Ramdhany. 2012. Pengaruh Intensi Pelanggan dalam Berbelanja Online Kembali Melalui Media Teknologi Informasi Forum Jua Beli (FJB) Kaskus. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer. Universitas Bakrie. Jakarta.

Schlosser, A.E., White, T.B., & Lloyd, S.M. (2006). Converting web site visitors into buyers: How web site investment increases consumer trusting beliefs and daring purchase intentions. Journal of Marketing, 70(2), 133-148.

Subramanyam, K. R. dan John J. Wild. 2003. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10. Buku Satu. Yang Dialihbahasakan oleh Dewi Yanti. Jakarta: Salemba Empat.

Suwardjono, Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan, Yogyakarta: BPFE, 2002.

Soemarso S.R, 2002 Akuntansi Suatu Pengantar, Buku Dua, Edisi Kelima, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Utami, A.D. & Triyono, R.A. 2012. “Pemanfaatan Blackberry sebagai Sarana Komunikasi dan Penjualan Batik Online dengan Sistem Dropship di Batik Solo 85â€. Indonesian Journal on Computer Science Speed FTI UNSA. Vol. 9 No. 3/ Desember 2012.

Downloads

Published

2022-01-10

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 179 times