FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAAN PELANGGAN BELANJA ONLINE PADA APLIKASI SHOPEE DI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SATU NUSA

Authors

  • Heditia Umi Ismulyani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satu Nusa

Abstract

Tujuan Dari Penelitian Ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam belanja online pada aplikasi shopee. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel dengan menggunakan teknik analisis data regresi berganda. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kuesioner kepada 63 responden pelanggan shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara persial dan simultan harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat berdasarkan koefisien diterminasi (R Square) adalah 46,8%, sedangkan sisanya 53,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: kepuasan pelanggan, belanja online

References

Amstrong, And Kotler, 2004.Dasar Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan, Jilid 1, PT. Indeks Jakarta.

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Ellisa,ingge dan mujiyana. 2013. AnalisisFaktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet PadaToko Online. Jurnal Ekonomi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Fandy, Tjiptono Dan Gregorius Chandra. 2005. Service, Quality Dan Satisfaction.Yogyakarta :Andi.

Gerson, Richard, F, 2001. Mengukur Kepuasaan Pelanggan. PPM. Jakarta.

Guo Et Al. 2012. Evaluating Factors Influencing Consumer Satisfaction Towards Online Shopping In China. Canadian Center Of Science And Education.

Hasan, M. Iqbal, Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya.Ghalia Indonesia, Bogor, 2002. Irawan, H. 2003, Prinsip Kepuasaan.

Irawan, H. (2009). 10 Prinsip kepuasaan pelanggan . jakarta:Elex Media Komputindo.

J.Supranto.1997 ‘’pengkuran kepuasaan pelanggan’’, Jakarta: rineka cipta

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran,Persefktif Asia. Yogyakarta :Andi.

Kotler, Philip Dan Amstrong, Garry. 2014. Principles Of Marketing, Global Edition. UK. Pearson.

Laudon, Kenneth. C Dan Traver, Carol Guerdo. 2014. E- Commerce, Business Technology Society USA: Addison Wesey

Lovelock,C, dan john wirtz,2011’’ pemasaran jasa persepktif edisi 7’’. Jakarta : Erlangga.

Nasution, M.N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu.Bogor :Ghalia Indonesia

Noor. Juliansyah,2011, Metodologi Penelitian ,Prenada Media Group, Jakarta.

Sari, ChachaAndira. 2015. Perilaku Berbelanja Online Dikalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga, AntroUnairdotnet Vol. 4 No. 2

Sugiyono.(2012). MetodePenelitianKuantitafif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tandon, U., Kiran, R., & Sah, A. N. (2018). The influence of website functionality, drivers and perceived risk on customer satisfaction in online shopping: an emerging economy case. Information Systems and E-Business Management, 16(1), 57–91.

Zeithaml,Valarie A and Bitner, M.J. (2003). Service Marketing. Tata McGraw- Hill.

Downloads

Published

2022-01-10

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 187 times