FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PRODUK INDUSTRI RUMAH TANGGA KEDAI MUMTAZA DI KOTA BENGKULU

Authors

  • Duharman duharman Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Bahrin bahrin Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui apa saja produk Industri Rumah Tangga Kedai Mumtaza di Kota Bengkulu. 2) Untuk mengetahui apakah faktor kualitas produk, layanan dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen pada produk Industri Rumah Tangga Kedai Mumtaza di Kota Bengkulu. 3) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh minat beli konsumen Terhadap Hasil Industri Rumah Tangga Kedai Mumtaza di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik pengumpulan datanya dilakukan secara observasi dan penyebaran angket atau kuesioner. Teknik analisis datanya menggunakan 1. Analisis Deskriptif 2. Analisis Regresi Linier Berganda. 3. Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya kontribusi pengaruh ketiga variabel independen terhadap variabel dependen yaitu minat beli konsumen sebesar 64,3%, sedangkan 35,7% sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Layanan, Harga dan Minat Beli Konsumen.

References

Ahmad, H. 2013. Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Gas Elpiji 3 KG dalam meningkatkan Citra Perusahaan (Studi Kasus pada PT. Hero Gas Jaya Ponorogo). Jurnal STIE Dharma Iswara Madiun Ekomaks,2.

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budi Utomo Sugiarto dan Dr. Hartono Subagio.S.E., M.M. 2014. Analisa Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Store Atmosphere terhadap minat beli di Dream Of Khayangan Art Resto Surabaya. Vol. 2 No. 1

Daniel Dama. 2016. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Memilih Laptop Acer di Toko Lestari Komputer Manado. Vol. 16 No. 1

DataStatistik.(2019 ). †Indikator Kualitas Pelayanan Menurut Para Ahliâ€. (www.prasetyahermawanprayoga.blogspot.com). Online Tanggal 04 Oktober 2016

Data Statistik.(2020). †Populasi dan Sampel Penelitian 3 : Pengambilan Sampel dari Populasi tak terhingga dan tak jelasâ€. (www.tatangmanguny.com). Online Tanggal 13 Mei 2020

Data Statistik.(2020). †Pengertian Minat Beli dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Menurut Ahli â€. (www.olaksono.26.blogspot.com). Online Tanggal 07 Maret 2015

Data Statistik.(2020). †Definisi Produk Menurut Para Ahli â€. (www.marketingeducate.blogspot.com). Online Tanggal 23 Oktober 2017

E. Desi Arista dan Srirahayu Triastuti. 2011. Analisis Pegaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Vol. 13 No. 1 ISSN 1693-928X

Eva Sheilla Rahma. 2007. Analisis pengaruh kualitas layanan dan citra merek terhadap minat beli dan dampaknya pada keputusan pembelian

Jipyono, Fandy (2013). Strategi Pemasaran. Andi, Yogyakarta

Mardikawati, W., & Farida, N. 2013. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan Bus Efisiensi (Studi PO Efisiensi Jurusan Yogyakarta-Cilacap). Jurnal Administrasi Bisnis,2.

Moh. Martono R.A.P dan Sri Setyo Iriani. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen Produk Batik Sendang Duwur Lamongan. Vol. 2 No. 2

Muhammad Fakhru Rizky NST dan Hanifa Yasin. 2014. Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Vol. 14 No. 2

Nel Arianty. 2017. Analisis Usaha Industri Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitafif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tambunan, tulus T.H (2017). Usaha Mikro,kecil dan menengah.Gogor : Ghalia Indonesia

Yohana F. Cahya Palupi Meilani dan Sahat Simanjuntak. 2012. Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan dan Minuman Usaha Kecil Menengah Kabupaten Tanggerang. Vol.14 No. 2

Downloads

Published

2021-01-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 82 times