ANALISIS HAMBATAN PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PLUS NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Authors

  • Zufiyardi Zufiyardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 yang dilakukan guru mata pelajaran Ekonomi di SMA Plus Negeri 7 kota Bengkulu, (2) Mengetahui hambatan pelaksanaan evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 yang dihadapi guru mata pelajaran Ekonomi di SMA Plus Negeri 7 kota Bengkulu. Sumber data dalam penelitian ini 5 orang guru mata pelajaran ekonomi yang mengajar kelas X yang telah menerapkan kurikulum 2013 di SMA Plus Negeri 7 kota Bengkulu. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian, yaitu: (1) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran berdasakan kurikulum 2013 yang dilakukan guru mata pelajaran ekonomi di SMA Plus Negeri 7 kota Bengkulu dilakukan pada awal pembelajaran, proses pembelajaran dan akhir pembelajaran dengan aspek yang dinilai terdiri dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor dan menggunakan teknik tes, non tes serta penilaian autentik, (2) Hambatan yang dihadapi guru ekonomi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran meliputi, ketidaksiapan siswa dalam menghadapi pre test pada awal pembelajaran dan kesulitan mengatur alokasi waktu pre test yang pada awal pembelajaran (80 %), kurangnya daya serap siswa terhadap materi pembelajaran yang diberikan (60 %), kesulitan mengatur alokasi waktu post test pada akhir pembelajaran (20 %).

Kata Kunci : Hambatan dihadapi Guru, Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran

References

Arifin, Z. 2010. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, Prosedur). PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Askara. Jakarta.

--------------. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. PT Rineka Cipta. Jakarta.

--------------, dkk. 2009. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. PT Bumi Askara. Jakarta.

Bambang, Budi Wiyono, 2003. Evaluasi Pembelajaran. Elang Emas. Malang.

Dantes. 2014. Metode Penelitian. CV Andi Offset. Yogyakarta.

Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka. Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & MSA/MA. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Hamalik, Oemar. 2018. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hosnan. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: kunci sukses Implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Indrakusuma. 2012. Evaluasi Pendidikan. CV Andi Offset. Yogyakarta.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Gaung Persda Press. Jakarta.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik Berdasarkan Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Misbahuddin & Iqbal. 2014. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. PT Bumi Askara. Jakarta.

Moleong, L.J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Peraturan mentri Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 tahun 2013 tentang standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Purwanto. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Remaja. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sanjaya, Wina. 2018. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sudijono, A. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sudjana, N. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

--------------. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung.

Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. PT Bumi Askara. Jakarta.

Sukmadinata, N.S. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Widoyoko, E.P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi dan Calon Pendidik. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Yulhendri, Rita Syofyan. 2018. Pendidikan Ekonomi untuk Sekolah Menengah Perencanaan, Strategi, dan Materi Pembelajaran. Jakarta: KENCANA

Downloads

Published

2021-01-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 184 times