HUBUNGAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD Dr. M. YUNUS PROVINSI BENGKULU

Authors

  • Oktarianita Oktarianita Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • henni Febriawati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Deni Kurniawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/avicenna.v15i3.978

Keywords:

Bauran Pemasaran, Loyalitas, Persepsi pasien

Abstract

Bertambahnya Rumah sakit di Bengkulu dapat menyebabkan persaingan semakin ketat. Jumlah pasien rawat jalan dari tahun 2017 ke tahun 2018 mengalami kenaikkan sebesar 8,6%. Keberhasilan dari RSUD Dr. M. Yunus tidak lepas dari kombinasi bauran pemasaran 4P, Product, Price Place, dan Promotion. Jenis penelitian Cross Sectional dengan pendekatan Kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di RSUD Dr. M. Yunus Provinsi Bengkulu pada bulan Juli -Agustus 2019 Jumlah Sampel dalam penelitian adalah 166 pasien rawat jalan, teknik pengambilan sampel mengunakan uji beda dua proposi. Analisi data dengan Uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan bauran pemasaran dengan loyalitas pasien, dengan Product baik 78 (47%), kurang baik 88 (53,0%) Price baik 83 (50%), kurang baik 83 (50,0%), Place baik 77 (46%), kurang baik 89 (53,6%) dan Promotion baik 70 (42%), kurang baik 96 (57,8%). Disarankan kepada RSUD Dr. M. Yunus Provinsi Bengkulu, rutin melakukan promosi mengenai fasilitas yang disediakan rumah sakit sehingga pasien lebih mengetahui fasilitas yang terrsedia di RSUD Dr. M. Yunus. Meningkatkan kualitas dan kinerja karyawan, perawat, dan dokter sehingga pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Author Biographies

Oktarianita Oktarianita, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

henni Febriawati, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Deni Kurniawan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

References

Amelia, R, Hamzah, A, Syafar. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Makassar 2013. Jurnal AKK, Vol 3 No 1, Januari 2014, hal 1-8.

Hartono, Bambang, 2016, Manajemen pemasaran untuk rumah sakit, Jakarta : Rineka Cipta.

Hayati, S,Y, Sndra, C , Herawati, Y, T. 2018. Hubungan Antara Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Daerah Kalisat Kabupaten Jember Tahun 2017. Jurnal IKESMA Volume 14 Nomor 1 Maret 2018: 45-56.

Hurriyaty R. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Irmawati. 2014. Manajemen Pemasaran Rumah Sakit. Surabaya: University Press.

Lupiyoadi, dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi

Kedua. Jakarta : Salemba Empat.

Maryati, Sri. 2017. â€Kepuasan Pasien Terhadap Kinerja Pelayanan Kesehatan di RSUD Dr. M. Yunus: Bengkulu : Universitas Dehasen Bengkulu.

Profil RSUD Dr. M. Yunus Provinsi Bengkulu Tahun 2019.

Radfan, N., Djumahir, dan Hariyanti, T. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Paru Rumah Sakit Paru Batu. Batu Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM). Vol. 13No. 2 [Serial Online]. http://jurnaljam.ub.ac.id/index.ph p/jam/article/view/763/722.

Rengkuan SR, Kandou G, D, dan C. Tilar. Hubungan Antara Persepsi

Pasien Umum Tentang Bauran Pemasaran Jasa Dengan Loyalitas

Pasien di Instalasi Rawat Jalan RS Advent Manado. Jurnal Artikel Penelitian. 2015.Vol.5 (1) Hal. 8-20.

Sulistiadi, W. 2012. Fungsi Pemasaran Rumah Sakit di Indonesia: Serba Tangung. Artikel Jurnal Marsi Vol.3 No.3 Oktober 2012.

Susilia. 2011. Pengaruh pelayanan dan biaya terhadap kepuasan dan loyalitas pasien Puskesmas Wonogiri 2 Kabupaten Wonogiri: Surakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia No.44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

Wijayanti, S, D, Amir, M, Y, Indar. 2014. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Di Unit Rawat Jalan RSUD Kota Makassar. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan: FKM Universitas Hasanuddin.

Downloads

Additional Files

Published

2021-01-16

How to Cite

Oktarianita, O., Febriawati, henni, & Kurniawan, D. (2021). HUBUNGAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD Dr. M. YUNUS PROVINSI BENGKULU. Avicenna: Jurnal Ilmiah, 15(3), 198–205. https://doi.org/10.36085/avicenna.v15i3.978
Abstract viewed = 355 times