WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA BELAJAR MELALUI CANVA DI SMP NEGERI 2 BENGKULU UTARA

Penulis

  • Sazili Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Zufiryadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rossa Ayuni Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v5i1.8692

Kata Kunci:

Canva, media pembelajaran, workshop, guru, teknologi pendidikan

Abstrak

Pendidikan yang efektif menuntut inovasi dalam penyampaian materi, salah satunya melalui pemanfaatan media digital seperti Canva. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 2 Bengkulu Utara, sebagian besar guru belum optimal dalam menggunakan platform digital untuk mendesain bahan ajar interaktif. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran kreatif menggunakan Canva. Metode pelaksanaan berupa workshop interaktif, demonstrasi, praktik langsung, dan pendampingan teknis. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan peserta dalam mendesain media ajar digital. Kegiatan ini diharapkan meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendorong guru lebih inovatif dalam memanfaatkan teknologi. Kegiatan ini juga memberikan dampak positif terhadap semangat guru dalam mengembangkan kreativitas digital dalam proses pembelajaran.

Referensi

Dewi, R. (2020). Pemanfaatan Canva sebagai Media Pembelajaran Digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(2), 134–140.

Keraf, Gorys. (2007). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Diterbitkan

2025-07-16

Cara Mengutip

Sazili, Zufiryadi, & Rossa Ayuni. (2025). WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA BELAJAR MELALUI CANVA DI SMP NEGERI 2 BENGKULU UTARA. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 471–474. https://doi.org/10.36085/almaun.v5i1.8692

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 0 times