SOSIALISASI MARKETING DIGITALISASI DI KECAMATAN GUNUNG ALAM KABUPATEN BENGKULU UTARA

Penulis

  • Duharman Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Bahrin Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ayudho Selviani Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Kata Kunci:

UMKM, digital marketing, pelatihan, sosialisasi, pemberdayaan A. Pendahuluan

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM di Kecamatan Gunung Alam Kabupaten Bengkulu Utara dalam pemasaran berbasis digital. Masih rendahnya pemanfaatan media digital oleh pelaku usaha menjadi latar belakang kegiatan ini. Metode yang digunakan berupa sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan langsung dengan pendekatan partisipatif. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku UMKM mengenai pentingnya digital marketing, serta kemampuan mereka dalam menggunakan media sosial sebagai sarana promosi. Kegiatan ini juga membantu membuka wawasan pelaku UMKM terhadap peluang pasar digital yang lebih luas. Pentingnya kegiatan ini terletak pada kontribusinya dalam pemberdayaan ekonomi lokal melalui teknologi digital.

Referensi

Keraf, Gorys. 2007. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gunawan, Hafiz. 2017. Eksistensi Bahasa Asing dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Menghadapi Era Globalisasi. Lateralisasi, VI, 139-145.

Kotler, Philip & Keller, Kevin. 2016. Marketing Management. Pearson Education.

Diterbitkan

2025-07-16

Cara Mengutip

Duharman, Bahrin, & Ayudho Selviani. (2025). SOSIALISASI MARKETING DIGITALISASI DI KECAMATAN GUNUNG ALAM KABUPATEN BENGKULU UTARA. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 467–470. Diambil dari https://jurnal.umb.ac.id/index.php/almaun/article/view/8691

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 0 times