PROGRAM PENDIDIKAN LITERASI MEDIA DIGITAL BAGI ANAK-ANAK SDN 71 RT 18 KELURAHAN PEMATANG GUBERNUR KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU

Penulis

  • Nasral Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Anisa Fitriani Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v5i1.8026

Kata Kunci:

Pendidikan, Literasi, Media Digital

Abstrak

Artikel ini membahas pelaksanaan Program Pendidikan Literasi Media Digital di SDN 71 Kota Bengkulu, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami, menggunakan, dan berperilaku secara bijaksana di dunia digital. Program ini melibatkan berbagai kegiatan sosialisasi, termasuk pelatihan tentang etika digital, keamanan online, dan keterampilan komunikasi. Melalui sesi pengantar, diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi, siswa menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman mereka tentang media digital, kemampuan menilai informasi, serta penerapan keterampilan berpikir kritis. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa siswa kini lebih terampil dalam melindungi informasi pribadi, menghindari cyberbullying, dan berkolaborasi secara efektif dalam proyek berbasis digital. Kesimpulan dari artikel ini menekankan pentingnya integrasi literasi media digital dalam kurikulum sekolah dasar dan dampak positif dari program ini terhadap kesiapan siswa dalam menghadapi tantangan dunia digital.

Referensi

Afrilia Putri, D., & Nanggala, A. (2023). Analisis Penerapan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Di Sdn 258 Sukarela. Agil Nanggala Innovative: Journal Of Social Science Research, 3, 3836–3848.

Annisa Fitriani Komalasari, Indah Lestari, Sutrisno, S., & Tabrani Sjafrizal. (2024). Pengenalan Dan Pembelajaran Literasi Berbasis Media Digital Mengenai Beretika Media Sosial Di Sdn Pasir Luhur. Abdikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 3(1), 48–54.

Ellahi, N. K. (2023). Program Literasi Di SD Muhammadiyah Tanjungpinang, Sdn 165

Pekanbaru Dan Sdn 88 Pekanbaru Nurnasyila. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Issn:2962-5351, 19(5),1–23.

Fatimah, S. (2024). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Membaca Dan Menulis Anak Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19 Munculnya Konsep-Konsep Baru Seperti Work From Home ( Wfh ), Learn From Home ( Lfh ), Dan Belajar Dari Rumah ( Bdr ) Yang Diimplementasikan Selama Pand. 3.

Maghfirah, S., Amiliya, L. R., & Aji, B. S. (2024). Mengimplementasikan Program Literasi Digital Bagi. 2(4), 92–100.

Maharani, M. M. (2024). Mengembangkan Literasi Digital Pada Anak Sekolah Dasar Melalui Cerita Digital. Community Empowerment Journal, 2(2), 83–89.

Mattiro, S., Ruswinarsih, S., & Azkia, L. (2022). Membangun Minat Belajar Anak-Anak Pesisir Melalui Gerakan Literasi Media Digital Pemutaran Film Nasional Pendidikan. Carmin: Journal Of Community Service, 2(2), 49–58.

Rihlah, J., Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., & Authar, N. (2022). Peningkatan Kompetensi Literasi Digital Pada Virtual Leraning Di Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya, 3(3), 555–560.

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Nasral, & Anisa Fitriani. (2025). PROGRAM PENDIDIKAN LITERASI MEDIA DIGITAL BAGI ANAK-ANAK SDN 71 RT 18 KELURAHAN PEMATANG GUBERNUR KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 350–366. https://doi.org/10.36085/almaun.v5i1.8026

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 0 times