PENDAMPINGAN LINKS & MATCH SMK NEGERI 1 BUNGO BERSAMA DUNIA USAHA DAN INDUSTRI (DUDI) DALAM RANGKA PENGEMBANGAN SMK PUSAT KEUNGGULAN MENUJU INDUSTRI 4.0
DOI:
https://doi.org/10.36085/almaun.v4i2.7224Kata Kunci:
Links & match, Industri, Pendampingan, SMK Pusat keunggulanAbstrak
Permasalahan yang ditemui adalah masih minimnya sekolah-sekolah melakukan kerjasama dengan industri dan masih terbatas ruang lingkuk yang dilakukan yang hanya terbatas pada magang siswa dan pembelajaran dilakukan masih berpodoman pada kurikulum yang umum tanpa mempertimbangkan kebutuhan industri di sekitarnya atau skala nasional dimana penyerapan lulusan yang masih minim dikarenakan komptensi yang dibutuhkan dunia industri tidak sesuai dengan profil lulusan dan perlunya pelatihan kewirausahaan dan manjemen usaha kepada siswa-siswi untuk bekal mereka setelah lulus nanti. Solusi yang ditawarkan berupa pelaksanaan pendampingan kegiatan berupa pengembangan SMK berbasis Industri/Keunggulan wilayah antara : melakukan pemetaan kebutuhan industri, penyelarasan kurikulum dengan melaksanakan links and match bersama industry, workshop penyusunan modul RPL, magang guru dan guru tamu, pemetaan produk barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan industri, pembelajaran kewirausahaan dan manajemen usaha. Kesimpulan : Hasil Pre Test/Post Test bisa dilihat memberikan respon sangat positif, menyatakan bahwa kegiatan memiliki respon positif 82%, Perlu peningkatan sumber daya manusia yang ada disekolah dengan mengirim/memberi kesempatan kepada staff dan guru untuk mengikuti pelatihan/workshop keluar yang berhubungan dengan kompetensi mereka dengan sering melakukan pelatihan ataupun workshop, Pendampingan juga dilakukan dalam bentuk monitoring dan evaluasi terhadap program yang terdapat dalam rencana aksi (action plan) yang sudah berjalan dan belum dan Pendidikan yang masih terkendala dan memberi solusi yang memungkinkan untuk dilaksanakan baik dalam waktu dekat atau untuk kedepannya sehingga program ini tercapai sesuai dengan tujuan awal dari program Sekolah Menengah kejuruan Pusat Keunggulan menjadi rule model dari jurusan yang di PKkan berguna untuk perbaikkkan bagi jurusan yang lain untuk menujuh Pusat keunggulan.
Kata kunci: Links & match, Industri, Pendampingan, SMK Pusat keunggulan
Referensi
Abdulmajid, N. W. (2015). Pola Pembimbingan Di Tempat Kerja: Studi Kasus Pelaksanaan Program Praktik Industri Di Pt Jmi. Taman Vokasi, 3(2). https://doi.org/10.30738/jtvok.v3i2.357
Di, D. U. (2024). Edukasi El-Ibtida ` i Sophia Volume Nomor Manfaat Kolaborasi Antara Sekolah Dengan Dunia Usaha Dunia Industri Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Siswa Guru Dalam terkait dilakukan Pe. 0–6.
Fajar, C., & Hartanto, B. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4 . 0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 163–171.
Habiba, P. G. S., Sujanto, B., & Karnati, N. (2020). Evaluation of Implementation of Teaching Factory Programs in State Vocational School, South Jakarta. International Journal of Education and Research, 8(1), 157–164. http://www.ijern.com/journal/2020/January-2020/13.pdf
Islami, F., Witono, A. H., & Hakim, M. (2021). Teaching Factory-Based Learning Management in-State Vocational High School 4 Mataram. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(7), 479. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i7.2793
Majdi, M. Z. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan, Internalisasi Nilai Kewirausahaan di Keluarga dan Motivasi Minat Kewirausahaan. Jurnal EducatiO Vol, 7(2), 1–25.
Marantika, A. A., & Sugandi, A. (2022). Pengaruh Penerapan Sistem Link and Match Antara Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dan Penyelengara Pendidikan Terhadap Hasil Pembelajaran dan Penyerapan Lulusan Pada Prodi D-III Operasi Pesawat Udara (OPU) Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi. SKYHAWK : Jurnal Aviasi Indonesia, 1(2), 97–104. https://doi.org/10.52074/skyhawk.v1i2.16
Maryanti, N. (2019). Siswa Smk Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0 (Kajian Praktis Smk Di Provinsi Sumatera Selatan). Journal of Chemical Information and Modeling, 0, 1689–1699.
Purnomo, M. (2015). Dinamika Pendidikan Kewirausahaan: Pemetaan Sistematis Terhadap Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran Kewirausahaan. Jurnal Dinamika Manajemen, 6(1), 97–120. https://doi.org/10.15294/jdm.v6i1.4300
Wahyuni, H., Ahyani, N., & Tahrun. (2022). Implementasi Manajemen Model Teaching Factory di SMK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2781–2792.
Wardina, U. V., Jalinus, N., & Asnur, L. (2019). Kurikulum Pendidikan Vokasi Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan, 20(1), 82. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.843.2019
Wibowo, M. (2011). Pembelajaran Kewirausahaan dan Minat Wirausaha Lulusan SMK. Eksplanasi, 6(2), 109–122.
Wibowo, S. H., Onsardi, Toyib, R., Muntahanah, Darnita, Y., Witryono, H., & Darmi, Y. (2023). Focus Group Discussion (Fgd) Dalam Rangka Links & Match Sekolah Dengan Dudi Smk Pk. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.36085/almaun.v2i1.5132
Wijaya, M. B. R. (2013). Model Pengelolaan Teaching Factory Sekolah. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 30(2), 125–132.
Yahya, M., Otomotif, P. T., & Elektro, W. T. (2023). Prosiding Seminar Nasional Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional, 190–199. https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/index
Zaenab, Z., Yanto, H., Hidayah, I., & Pramono, S. E. (2022). Peran Pemerintah Bersama DUDI dalam Implementasi Merdeka Belajar pada Pendidikan Vokasi SMKN 4 Gowa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 5(1), 1229–1235. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/1422