PELATIHAN KELOMPOK DRAMA KABARET UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEPERCAYAAN DIRI SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN AL HASANAH

Penulis

  • Latifah Hidayati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Elyusra Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Reni Kusmiati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eli Rustinar Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v4i2.7199

Kata Kunci:

Kreativitas, Kepercayaan diri, Pondok pesantren

Abstrak

Pondok Pesantren Al Hasanah adalah lembaga pendidikan bernuansa islami yang terletak di Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah. Para santriwati yang menempuh pendidikan didalamnya diharapkan agar memiliki kreativitas dan kepercayaan diri. Kreativitas dan kepercayaan diri adalah hal yang perlu dimiliki oleh setiap masing-masing individu. Kreativitas dan kepercayaan diri adalah hal yang tidak bisa didapat secara instan. Perlu adanya pembiasaan dan pelatihan terhadap masing-masing individu. Kegiatan pelatihan kelompok drama kabaret ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri santriwati. Hasil dari kegiatan pelatihan kelompok drama kabaret telah dibuktikan jika kreativitas dan kepercayaan diri santriwati di Pondok Pesantren Al Hasanah telah mengalami peningkatan yang signifikan. Mereka mampu mengekspresikan kreativitas mereka disaat proses pembuatan naskah drama, atribut yang akan digunakan, pengeditan suara, percakapan dan instrumen tambahan dari drama kabaret. Kemudian, mereka juga mampu mengekspresikan drama dengan penuh kepercayaan diri dan menunjukan keberanian saat tampil di depan seluruh santriwati di Pondok Pesantren Al Hasanah.

Referensi

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504

Annisa, A. S. A. N., Yuliadi, I., & Nugroho, D. (2020). Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Whatsapp Pada Mahasiswa Kedokteran 2018. Wacana, 12(1), 86–109. https://doi.org/10.13057/wacana.v12i1.170

Maulida, I., Wahyuni, S., & Zulianto, M. (2022). Proses Pengambilan Keputusan dalam Menggunakan Gojek (Studi Kasus Pada Santriwati Pondok Pesantren Al-Husna Jember). Jurnal Pendidikan Ekonomi:, 16(1), 72–78. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.24399

Maulina, A., Hartati, T., & Astuti, Y. (2023). Peningkatan kreativitas siswa melalui pelatihan tari di desa perdamaian kecamatan kuala simpang kabupaten aceh tamiang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, 8, 15–21.

Meiningtyas, eka familia. (2019). Kreativitas Siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika open-ended ditinjau dari efikasi diri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 59–66.

Ola, S. L., Suratni, N. W., & Haryati, N. M. (2022). Pembelajaran Drama Monolog Cerita Sano Nggoang Dengan Metode Sosio Drama Di Smp Arnoldus Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat Flores Ntt. PENSI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 2(2), 194–204. https://doi.org/10.59997/pensi.v2i2.1819

Turridho, A., & Yulia, F. (2023). Manajemen Pengasuhan Santriwati dalam menerapkan Peraturan di Pondok Pesantren Mawaridussalam Batang Kuis. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 192–200.

Diterbitkan

2024-12-18

Cara Mengutip

Hidayati, L., Elyusra, Reni Kusmiati, & Eli Rustinar. (2024). PELATIHAN KELOMPOK DRAMA KABARET UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEPERCAYAAN DIRI SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN AL HASANAH. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 141–151. https://doi.org/10.36085/almaun.v4i2.7199

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 18 times