PENANAMAN NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SISWA SD NEGERI 043 BENGKULU UTARA

Penulis

  • Rifki Faturahman Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ristantowi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Jelita Zakaria Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yanti Paulina Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v5i1.7186

Kata Kunci:

Penanaman, Nilai Pancasila, Sekolah Dasar

Abstrak

Abstract

This socialization instillation of Pancasila values in Elementary School 043 North Bengkulu. The methods used are lectures and discussions. The results of this meeting are: 1) Faith in God Almighty when students begin to worship according to their religion. In addition, students practice the values of tolerance between religions. 2) Behaving well: After completing teaching and learning activities, students can respect people who are better than themselves and respect other human beings. 3) Unity of Indonesia: After completing teaching and learning activities, students can maintain friendships with friends at school and outside of school. 4) Democracy based on wisdom through deliberation/representation: After completing teaching and learning activities, students can respect the different opinions of their friends and discuss in making decisions. 5) Realization of social protection for all Indonesian people: After completing teaching and learning activities, students can work together with all their friends and establish friendships regardless of differences.

 

Keyword : Planting, Pancasila Values, Elementary School.

 

Abstrak

Sosialisasi ini penanaman nilai-nilai Pancasila di SD Negeri 043 Bengkulu Utara. Metode yang digunakan adalah ceramah dan diskusi. Hasil dari pertemuan ini adalah: 1) Ketuhanan Yang Maha Esa ketika para murid mulai beribadah sesuai dengan agamanya. Selain itu, para murid mengamalkan nilai toleransi antar umat beragama. 2) Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, para murid dapat menghargai orang yang lebih baik dari dirinya dan menghargai sesama manusia. 3) Persatuan Indonesia, setelah kegiatan sosialisasi ini selesai: Setelah menyelesaikan kegiatan belajar mengajar, para murid dapat memelihara persahabatan dengan teman-teman di sekolah dan di luar sekolah. 4) Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Setelah menyelesaikan kegiatan belajar mengajar, para murid dapat menghargai pendapat teman-temannya yang berbeda dan berdiskusi dalam mengambil keputusan. 5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia: Setelah menyelesaikan kegiatan belajar mengajar, seluruh murid dapat bergaul secara langsung dan berteman tanpa membeda-bedakan.

Kata Kunci : Penanaman, Nilai Pancasila, Sekolah Dasar

Referensi

Angganing, P., & Yuliana, I. (2019). Penanaman nilai-Nilai pancasila di sekolah dasar oleh guru kelas. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 3(1), 585-589.

Asmaroini, A. (2017). Menjaga eksistensi Pancasila dan penerapannya bagi masyarakat di era globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 50-64.

Aulia, As., Hidayat, H., Mulyani, H., Azhar, SF., & Latifah, V. (2021). Menanamkan Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Madrosatuna. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 4(1), 25-34.

Efendi, Y., & Sa'diyah, H. (2021). Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam lembaga pendidikan. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 5(1), 54-65.

Iskandar, R. (2017). Menigkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Melalui Metode Role Playing di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(02), 64-73.

Kartini, D., & Dewi, DA. (2021). Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling , 3(1), 113-118.

Kompasiana.com. (2021, 14 September). Memudarnya Nilai-nilai Pancasila di Kehidupan Saat Ini. Diakses pada 1 September 2024, dari https://www.kompasiana.com/saumaanisa4485/6140bb5506310e77e96d61f3/memudarnya-nilai-nilai-pancasila-di-kehidupan-saat-ini?page=2&page_images=1

Nany ( 2009 ). Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Sejak Usia Dini. Jurnal HUMANIKA. 9(1), 107-116.

Octavian, W. A. (2019). Upaya Peningkatan Pemahaman Nilai Pancasila terhadap siswa melalui kegiatan penyuluhan. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 6(2), 199-207.

Petisi.com. (2020, 11 Januari). Lunturnya Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat. Diakses pada 1 September 2024, dari https://petisi.co/lunturnya-nilai-nilai-pancasila-dalam- kehidupan-bermasyarakat/

Rahayu, A. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) . Bumi Aksara . Regiani, E., & Dewi, D. A. (2021). Pudarnya Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 30-38.

Rahmawan (2019). Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kota Panyabungan. Jurnal Ilmiah” INTEGRITAS, 4(1). Nurgiansah, T. (2021). Pendidikan Pancasila . CV. Mitra Cendekia Media .

Saputri, DY. (2016). PERAN GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN PKN DI SD NEGERI PETIR KABUPATEN BANYUMAS. Jurnal PPKn , 4 (2), 955.

Sasmito, Y.A., & Fathoni, A. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Menumbuhkan Rasa Nasionalisme di SDN 03 Ngemplak ( Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta )

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Rifki Faturahman, Ristantowi, Jelita Zakaria, & Yanti Paulina. (2025). PENANAMAN NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SISWA SD NEGERI 043 BENGKULU UTARA. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 319–328. https://doi.org/10.36085/almaun.v5i1.7186

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 0 times