PENERAPAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM DI DESA GIRI MULYA

Penulis

  • Ardita Oktaviana Rizki Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hafiz Gunawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Amrullah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Solehan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v5i1.7161

Kata Kunci:

Manajemen keuangan, digital marketing,

Abstrak

Sosialisasi ini bertujuan untuk penerapan manajemen keuangan dan digital marketing pada umkm di desa Giri Mulya Bengkulu utara. Metode sosialisasi ini dilakukan dengan perencanaan dan persiapan, tindakan atau pelaksanaan,dan sosialisai. Hasil sosialisasi menunjukkan bahwa setelah mendapatkan sosialisasi, UMKM mampu menerapkan pencatatan keuangan dengan lebih terstruktur dan memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan promosi dan penjualan produk. Kesimpulannya, penerapan manajemen keuangan yang lebih baik dan digital marketing mampu meningkatkan efektivitas operasional dan daya saing UMKM di Desa Giri Mulya.

Referensi

AIzhairi, S. C., & Rosaili, E. S. (2022). PKH Shop sebaigaii Pemberdaiyaiain Maisyairaikait untuk Meningkaitkain Perekonomiain Keluairgai Praisejaihterai Penerimai Baintuain Sosiail PKH Melailui Teaim Baised Project Pejuaing Mudai Kementeriain Sosiail di Kecaimaitain Bainjairsairi Kaibupaiten Ciaimis. Jurnail Pengaibdiain Maisyairaikait (AIbdirai) Vol, 2(2).

(Kutanegara, 2023)Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64–72. https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719

Kutanegara, D. I. D. (2023). Sosialisasi pengembangan umkm di desa kutanegara. 20, 102–110.

Maulida Sari, C. D., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050

Mulyana, A. E., Hidayat, R., Andayani, N. R., Zuliarni, S., Pratama, A. W., Septiana, M., Hidayat, H., Yulinda, Y., Amaliah,

D., Ikhlash, M., Riadi, S., Sari, D. R., & Soebagiyo, S. (2021). Pengembangan UMKM Melalui Sosialisasi dan Penyuluhan Secara Digital untuk Menunjang Keberlangsungan Usaha di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Batam, 3(1), 62–76. https://doi.org/10.30871/abdimaspolibatam.v3i1.2685

Pantatu, S. F., & Drajana, I. C. R. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan UMKM Menggunakan Metode MAUT. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 5(2), 317–325. https://doi.org/10.32672/jnkti.v5i2.4207

Priyono, M. B., & Dian Permata Sari. (2023). Dampak Aplikasi Tiktok Dan Tiktok Shop Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(September), 497–506. https://repository.uin-suska.ac.id/15231/7/7. BAB II_201884KOM.pdf

Sari, A. P. S., Ritonga, M. R. S., Aulia, R., Syahfitri, W., & Firmansyah, H. (2022). Pemberdayaan dan Pengembangan UKM sebagai Pendorong Ekonomi Desa (Studi Kasus pada Desa Kramat Gajah, Kecamatan Galang, Sumatera Utara). Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1262–1269. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.11198

Utarindasari, D., Saing, D., & Digital, S. (2023). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhakti Yustisia TRANSFORMASI DIGITAL UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING UMKM CILEUNGSI : PENGABDIAN DALAM IMPLEMENTASI SOLUSI INOVATIF. Bhakti …, 1(1). https://journal.pascasarjana-unpas.web.id/index.php/bhayu/article/view/47%0Ahttps://journal.pascasarjana-unpas.web.id/index.php/bhayu/article/download/47/35

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Oktaviana Rizki, A., Gunawan, H., Amrullah, & Solehan. (2025). PENERAPAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM DI DESA GIRI MULYA. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 329–340. https://doi.org/10.36085/almaun.v5i1.7161

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 0 times