SOSIALISASI PENGUATAN TALI PERSAHABATAN DALAM LINGKUNGAN SOSIAL TANPA BULLYING DI TPQ AL-HUSNA

Penulis

  • Rohmah Nurhayati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Amrullah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Solehan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Lesti Heriyanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rahiman Dani

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v4i2.7110

Kata Kunci:

Penguatan tali persahabatan, lingkungan sosial, tanpa bullying

Abstrak

Tujuan kegiatan sosialisasi penguatan tali persahabatan dalam lingkungan sosial tanpa bullying di TPQ Al-Husna ialah untuk mempererat tali persahabatan dalam lingkungan sosial tanpa bullying di TPQ Al-Husna dan menanamkan nilai-nilai persahabatan, kebersamaan, saling menghargai, dan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi mereka untuk belajar dan berinteraksi serta berekspresi. Dalam kegiatan sosialisasi menggunakan pendekatan partisipatif, dimana para santri tidak hanya menerima materi, tetapi juga dilibatkan dalam diskusi, simulasi, dan menyimpulkan serta menyusun komitmen untuk menciptakan lingkungan TPQ yang aman dan nyaman. Hasil dari sosialisasi ini adalah: 1)meningkatkan pemahaman tentang bullying, 2) Peningkatan pemahaman tentang bullying, 3)kesadaran akan pentingnya persahabatan yang sehat, 4) persahabatan yang sehat yaitu hubungan yang dibangun atas dasar empati, keterbukaan, kejujuran, dimana setiap individu merasa aman, nyaman, diterima, dan didukung secara emosional, 5)komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan sehat tanpa bullying, 6) tekad bersama untuk tidak melakukan, mendukung, dan mentoleransi segala bentuk bullying, 7) komitmen untuk selalu terbuka dalam berkomunikasi, setiap individu didorong untuk mengembangkan rasa empati dan solidaritas, yang mana segala perbedaan dapat diterima dan dimaafkan.

Referensi

Amnda, V. et al. (2020) ‘Bentuk Dan Dampak Perilaku Bullying Terhadap Peserta Didik’, Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 5(1), pp. 19–32. Available at: https://doi.org/10.34125/kp.v5i1.454.

Damayanti, S., Okta N. S. and Kesuma B. (2020) ‘Perlindungan Hukum Terhadap Korban Bullying di Sekolah’, Jurnal Rechtens, 9(2), pp. 153–168.

Guide, S.I. (2018) ‘Pengaruh Perilaku Bullying terhadap Empati Ditinjau dari Tipe Sekolah’, 06(01), pp. 24–26.

Hukum, F. and Esa, U. (2018) ‘Sosialisasi Meningkatkan Kesadaran Santri terhadap Tindakan Bullying di Pesantren’, 01(02), pp. 38–44.

Ningtyas, P.V. and Sumarsono, R.B. (2023) ‘Upaya Mengurangi Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Sosialisasi’, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), pp. 104–108.Availableat: https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/3706/1733.

Nur, M., Yasriuddin, Y. and Azijah, N. (2022) ‘Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif)’, Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), p. 685. Available at: https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1054.

Diterbitkan

2024-12-18

Cara Mengutip

Nurhayati, R., Amrullah, Solehan, Heriyanti, L. ., & Rahiman Dani. (2024). SOSIALISASI PENGUATAN TALI PERSAHABATAN DALAM LINGKUNGAN SOSIAL TANPA BULLYING DI TPQ AL-HUSNA. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 232–240. https://doi.org/10.36085/almaun.v4i2.7110

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 12 times