PEMBELAJARAN ‘CALISTUNG’ (MEMBACA, MENULIS, DAN BERHITUNG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH 2 PENDAKIAN KOTA BENGKULU

Penulis

  • Ira Yuniati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hasmi Suyuthi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hafiz Gunawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v3i1.6582

Kata Kunci:

Penyuluhan, Pelatihan, Literasi, Pembelajaran ‘calistung’

Abstrak

SD Muhammadiyah 2 pendakian Kota Bengkulu adalah sekolah dasar yang
terletak di Jalan Pendakian, Malabero, Kecematan Teluk Segera, Kota
Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Di mana posisinya yang strategis sehingga
sekolah ini memiliki banyak anak murid. Diterapkannya pembelajaran
‘calistung’ di sekolah tersebut guna meningkatkan kemampuan literas siswa
kelas rendah di SD Muhammadiyah 2 Pendakian Kota Begkulu. Hal ini
dilatarbelakangi oleh siswa kelas 2 yang beberapa diantaranya masih kesulitan
dalam membaca, menulis, dan berhitung. Oleh karena itu, perlu adanya
inovasi pembelajaran dalam penerapan program guna melatih dan
meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Kegiatan pengabdian
ini dilakukan dengan cara memberikan pembelajaran secara langsung dengan
metode ‘calistung’ tersebut. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan jam
tambahan setelah kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan pada hari
Senin sampai Kamis. Pembelajaran ‘calistung’ ini tentunya didukung oleh
beberapa buku bacaan, kartu huruf, dan kartu angka. Kemudian guru
memberikan buku yang diminati siswa untuk dibaca dan pengenalan angka
dengan cara operasi hitung dasar.

Referensi

Alfin, J. (2018). Membangun Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 60–66.

Asiah, N. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar,5(1),19. https://Doi.Org/10.24042/Terampil.V5i1.2746

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V Sd Kota Singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. http://Jurnal.Ekadanta.Org/Index.Php/Widyalaya/Article/View/121

Darkun, M. (2019). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 21(01), 77. Https://Doi.Org/10.32332/An-

Nabighoh.V21i01.1541 Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi Di Sd Muhammadiyah. Else (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://Doi.Org/10.30651/Else.V3i1.2541

Afghani, D. R., Prayitno, H. J., Jayanti, E. D., Zsa-zsadilla, C. A., Salsabilla, T. A., Saputri, E. D., Septiyanti, N. D., & Siswanto, H. (2022). Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan

untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 143–152. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.191 85

Agustina, L., Arffianto, A., Hasna, S., Indarwati, L., Putri, D. R., El-majid, E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., G, W. A. S., & Sholihah, I. (2019). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.1077

Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–174. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15696

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlisina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE: Elementary School Education Journal, 3(4), 93–103

Diterbitkan

2024-07-01

Cara Mengutip

Yuniati, I., Suyuthi, H. ., & Gunawan, H. . (2024). PEMBELAJARAN ‘CALISTUNG’ (MEMBACA, MENULIS, DAN BERHITUNG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH 2 PENDAKIAN KOTA BENGKULU. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 130–140. https://doi.org/10.36085/almaun.v3i1.6582
Abstrak viewed = 33 times