SOSIALISASI PENTINGNYA PENGEMBANGAN UMKM DI DESA PADANG CEKUR

SOSIALISASI PENTINGNYA PENGEMBANGAN UMKM DI DESA PADANG CEKUR

Penulis

  • Sazili Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Duharman Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Zufiyardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Kata Kunci:

Pengembangan UMKM, E-commerce, Iklan Digital, Branding

Abstrak

Keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan bagian dari kegiatan ekonomi masyarakat yang saat ini semakin dikembangkan. Hal ini dikarenakan keberadaan UMKM sangat bermanfaat dalam mengembangkan perekonomian masyarakat. Berdasarkan survey UMKM di Desa Padang Cekur masih terdapat hambatan yang menjadi pelemahan eksistensi dari UMKM yaitu kurangnya pengetahuan tentang pengembangan UMKM, salah satunya cara memasarkan produk dengan baik. Dalam hal ini Penulis memberikan sosialisasi kepada warga Desa Padang Cekur terkait pemasaran suatu produk melalui e-commerce dan iklan produk yang didasari dengan branding produk tersebut. Pengabdian ini dilakukan melalui 3 kegiatan sosialisasi dengan metode presentasi, tanya jawab, dan pelatihan. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta dapat memahami dan menerapkan terkait pengembangan UMKM dengan cara memasarkan produk yang baik dan benar melalui e-commerce, iklan digital yang didasari branding produk tersebut.

Diterbitkan

2024-07-01

Cara Mengutip

Sazili, Duharman, & Zufiyardi. (2024). SOSIALISASI PENTINGNYA PENGEMBANGAN UMKM DI DESA PADANG CEKUR: SOSIALISASI PENTINGNYA PENGEMBANGAN UMKM DI DESA PADANG CEKUR. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 102–110. Diambil dari https://jurnal.umb.ac.id/index.php/almaun/article/view/6564
Abstrak viewed = 10 times