PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA ANAK-ANAK RT 05 KELURAHAN BAJAK PADA MASA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.36085/almaun.v1i1.3198Kata Kunci:
Anak-anak, Pendampingan belajar, MatematikaAbstrak
Pendampingan belajar Matematika anak-anak RT 05 kelurahan Bajak dimasa pandemi covid 19 saat ini sangat penting. Masih banyak anak-anak kurang paham dan mengerti dengan materi pelajaran matematika, karena dampak adanya pandemi covid 19 yang masih berlanjut mengharuskan kegiatan belajar yang biasanya dilakukan di sekolah kini harus terpaksa dilakukan di rumah dengan menggunakan media online. Tujuan dari pendampingan belajar ini untuk memudahkan pemahaman anak-anak terhadap tugas yang diberikan guru. Pendampingan dilakukan secara luring mengajarkan anak-anak matematika dengan beberapa pertemuan. Hasil pendampingan ini, anak bisa memahami mater matematika dan dapat dengan mudah mengikuti pelajaran selama berkegiatan belajar di rumah pada masa covid 19 ini.
Kata kunci: Anak-anak, Pendampingan belajar, Matematika
Referensi
Ambaryanti, R. (2013). Hubungan Intensitas Pendampingan Belajar Orang Tua dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa di Ra Al-Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2), 43–49. https://doi.org/10.15294/ijeces.v2i2.9240
Costu, S., Aydin, S., & Filiz, M., (2009). Students’ conceptions about-game-based learning in mathematics educations : TTNetvitamin case. Procedia social and behavioral science, 1, 1848 – 1852.
Diane, Papalia, dkk. Human Development (Psikologi Perkembangan). 2008. Prenadanedia Group: Jakarta
Gurganus,. (2010). Characteristics of student’s mathematics learning. www.education.com/reference/article/students- math-learning-problems/.
Handayani T, Khasanah HN, Yoshinta R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (J.Pengabdi. Kpd. Masyarakat) 1:107.
Ke, Fengfeng., (2008). A case study of computer gaming for math : Enggaged learning from game play?. Computer & Education, 51(4), 1609 – 1620. doi: 10. 1016/ j. compedu. 2008. 03. 003.
Lidinillah, M. (2006). Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. 1–10.
Mahmoudi,H., Kaushafar, M., Saribaglo, J.A., & Pashavi, G., (2015). The effect games computer on speed, attention and consistency of learning mathematics among students. Procedia – Social and behavioral science, 176, 419 – 424.
Michels, L., O’Gorman, R., & Kucian, K.(2017). Functional hyperconnectivity vanishes in children with developmental dyscalculia after numerical intervention. Developmental cognition neuroscience.
National research council (1989). Everybody counts : A Report to the nation on the future of mathematics education. National academy press. Washington, D.C.
Nelson, P.M., Parker, D. C., & Zaslofsky, A.F. (2016). The relative value of growth in math fact skills across late elementary and middle school. Assesment for effective intervention, 4(3), 184 – 192.
Rasanen, P,. Salminen, J., Wilson, A.J., Aunio, P., & Dehaene, S. (2009). Computer – Assisted Interaction for Children with Low Numeracy Skills. Cognitive Development, 24, 450-472. doi: 10.1016/j. cogdev. 2009.09.003.
Rizqon Halal Syah Aji. (2020). Dampak Covid 19 Pada Pendidikan Indonesia: Sekolah, Keterampilan Dan Proses Pembelajaran, Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i, Vol 7 No 5, Hal. 28
Rosaria, D., Novika, H. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa InggrisBagi Anak Usia Sekolah Dasar (6- 12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31 handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas. ISSN : 2461- 0992Volume 2 Nomor 2Samsul, Pahmi. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mathematical Reasoning Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Menggunakan Discovery Learning. Jurnal BELAINDIKA. Volume 02 Nomor 01 Halaman: 32-40.
Sarama, Julie & Clements, Douglas H. (2009). Early Childhood Mathematics Education
Research: Learning Trajectories for Young Children. New York.
Shaftel,J., Pass,L., & Schnabel,S. (2005). Math Game for Adolescents. TEACHING exceptional Children, 37, 25-30.
Samsul, Pahmi. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mathematical Reasoning Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Menggunakan Discovery Learning. Jurnal BELAINDIKA. Volume 02 Nomor 01 Halaman: 32-40.
Soemanto, Wasty. Psikologi Pendidikan. 2006. Rineka Cipta: Jakarta
Vrugte, J ter., Jong, T de., Vandercruysse, S., Wouters, P., Oostendorp, H van., & Elen, J. (2017). Computer game – based mathematics education : embedded faded worked example facilitate knowledge acquisition. Learning and instruction, 50, 44 – 53.
Zhafira, Nabila Hilmy, Yenny Ertika, dan Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen Volume 4 Nomor 1, 2020 ISSN: 2614-2147. Halaman:37–45.
Zumaroh,A.Khasanah. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Underachiever Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa SD Negeri Pekunden Semarang. Under Graduates Thesis, Universitas Negeri Semarang.
https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-matematika/
http://dedi26.blogspot.com/2013/02/apa-itu-matematika-pengertian.html