Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2022-02-25. Baca versi terbaru.

PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR DI ERA PENDEMI KELURAHAN BAJAK

Penulis

  • Isnaeni Rofiah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yanti Paulina
  • Eli Rustinar
  • Hasmi Suyuthie

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v1i1.3196

Kata Kunci:

bimbingan belajar, matematika, pendampingan belajar

Abstrak

Abstrak:

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan penting, dengan jumlah jam pelajaran yang relatif lebih banyak dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Covid-19 juga menyebabkan dampak besar dalam kegiatan pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang mengadakan kegiatan KKN Mandiri dalam bentuk pendampingan belajar melalui kegiatan bimbingan belajar matematika di rumah tepatnya di RT 05 Kelurahan Bajak. Tujuan dari kegiatan ini untuk memperdalam materi yang belum maupun  sudah diberikan guru di sekolah sehingga siswa tidak merasa kesulitan dalam belajar serta meningkatkan semangat belajar siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pemahaman materi dan semangat belajar siswa mengalami perkembangan yang baik.

 

Kata Kunci : bimbingan belajar, matematika, pendampingan belajar

Referensi

Ari, S. P M., Ardhi, W. (2015). Analisis Kepuasan Siswa Terhadap Kegiatan Pembelajaran Biologi Pada Sekolah Formal Dan Lembaga Bimbingan Belajar Non-Formal Di Kota Madiun. Jurnal Penelitian LPPM IKIP PGRI Madiun. Vol. 3 No. 1. , 1-5.

Agustina, E., Rohmah, A, & Kuspiyah, H. (2019). Pendampingan Bimbingan Belajar Bahasa Inggris dan Bakti Sosial di Yayasan Pendidikan dan Sosial Roudlotut Thullab. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1 (1), 1-5.

Dewi, V. S., & Maharani, S. (2016). IBM Membangun “Desa Cermat†Melalui Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Terapan Abdimas. Vol. 1 No. 1., 1-7.

Rosaria, D., Novika, H. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31 Handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas. ISSN : 2461-0992 Volume 2 Nomor 2.

Yanuar, Briantama R., Sriyanto Bambang E.P. (2018). Preferensi Pelajar Smp Menentukan Lokasi Lembaga Bimbingan Belajar di Kawasan Perkotaan Yogyakarta. Jurnal Bumi Indonesia. Volume: 7, No: 03, (1-7).

Isntania, L. (2021). Bimbingan Belajar Di TPQ Al-Hidayah. ABDIPRAJA Jurnal Pengabdian Masyarakat. e-ISSN: 2746-1823, p-ISSN: 2745-8415 Volume 2, No. 2, (1)

Mulyadi. (2010 : 107). Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Syamsu Yusuf dan A. Juntika Nurihsan, Landasan Bimbingan & Konseling. (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2012), hal. 10

Diterbitkan

2022-02-25

Versi

Cara Mengutip

Rofiah, I., Paulina, Y., Rustinar, E., & Suyuthie, H. (2022). PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR DI ERA PENDEMI KELURAHAN BAJAK. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.36085/almaun.v1i1.3196

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 221 times