This is an outdated version published on 16-07-2025. Read the most recent version.

PEMBERIAN PEMBELAJARAN LITERASI DIGITAL DI SDN 109 BENGKULU UTARA MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR

Authors

  • Maesin Yunita Sari Universitas Ratu Samban
  • Ade Irma Suryani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Levy Oktridarti Universitas Ratu Samban
  • Edi Susilo Universitas Ratu Samban

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v5i1.8689

Keywords:

Literasi Digital, Kampus Mengajar, Sekolah Dasar, SDN 109, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian ini berfokus pada penerapan pembelajaran literasi digital melalui program Kampus Mengajar di SDN 109 Bengkulu Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengakses, menggunakan, dan mengelola informasi digital melalui aktivitas bimbingan dan pembelajaran berbasis digital. Metode pengabdian mencakup tahapan observasi, perencanaan program, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih terbiasa menggunakan perangkat digital dan lebih tertarik dalam belajar ketika pembelajaran dikaitkan dengan teknologi. Dengan demikian, program ini efektif dalam menumbuhkan budaya literasi digital di kalangan siswa sekolah dasar serta mendukung adaptasi guru terhadap teknologi pendidikan.

References

Al-Mutka, K. (2011). Literacy in the Digital Age. European Commission.

Nugroho, A. (2017). Penguatan Literasi Digital dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 6(2), 123–135.

Mubyarti, D. L. (2019). Implementasi Program Jumat Bersih di Sekolah. Universitas Negeri Malang.

Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan. IJIES, 3(1), 63–82.

Downloads

Published

16-07-2025

Versions

How to Cite

Maesin Yunita Sari, Ade Irma Suryani, Levy Oktridarti, & Edi Susilo. (2025). PEMBERIAN PEMBELAJARAN LITERASI DIGITAL DI SDN 109 BENGKULU UTARA MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 458–462. https://doi.org/10.36085/almaun.v5i1.8689

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times