SOSIALISASI MENGGAMBAR 2D MENGGUNAKAN MICROSOFT PAINT DI SD N 100 BENGKULU UTARA

Authors

  • Feriyan Thabrani
  • Reni Kusmiati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eli Rustinar Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Man Hakim Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v5i1.7176

Keywords:

Menggambar, Microsoft Paint, siswa, sosialisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan Microsoft Paint sebagai alat bantu belajar seni menggabar dua dimensi dan menumbuhkan kreatifitas siswa kelas 6 SD N 100 Bengkulu Utara, dengan menggunakan metode yang melibatkan sosialisasi pengenalan Microsoft Paint dan menggunakan tools sebagai alat bantu menggambar melalui persentasi PowerPoint yang dilanjukan dengan praktek secara bertahap pada Tanggal 14, 21, 28, 04 pada bulan Agustus dan September tahun 2024. Melalui obseravasi secara langsung di lapangan terdapat siswa yang cenderung belum mendapatkan pengetahuan menggunakan Microsoft Paint, dengan fokus penerapan Microsoft Paint sebagai alat pembelajaran siswa, kegiatan sosialisasi ini di dapati peningkatan pengetahuan dan kreatifitas menggamabar siswa kelas 6 SD N 100 Bengkulu Utara.

References

Ghalby Muhammad Tsani, Teguh Ramansyah, R.E. (2017) ‘BASIC LEARNING IN MICROSOFT WORD AND PAINT FOR MI AL-’, pp. 357–365.

Hazwan, M. (2024) ‘Perencnanaan Amphiteater Outdoor Pada Kegiatan Mastplan Menggunakan Aplikasi Autocad 2 D Dan Sketchup 3 D Outdoor Amphiteater Planning in Mastplan Activities Using Autocad 2 D and Sketchup 3 D Applications’, Retensi _Jurnal Rekayasa Teknik Sipil, 4(2), pp. 47–52.

Huda, I.A. (2020) ‘Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), pp. 121–125. Available at: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622.

Rahmawati, D. and Syafii (2022) ‘Ilustrasi Bahan Ajar Seni Rupa Pada Buku Seni Budaya Kurikulum 2013 Kelas IX Terbitan Kemendikbud Tahun 2015 (Studi di SMP Negeri 1 Kaliori Rembang)’, Eduarts : Journal of Arts Education, 11(3), pp. 1–10. Available at:

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduart.

Sandi, N.V. (2020) ‘Menggambar dalam Mengembangkan Kreativitas dan Bakat Siswa Sekolah Dasar’, Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(1), pp. 79–87.

Zulfa Afifah D, P.H. (2019) ‘Pembelajaran Integratif Microsoft Paint dalam Mata’, Jurnal Pendidikan Riset dan Konseptual, 3(3), pp. 200–208. Available at:

http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.ph

Downloads

Published

30-06-2025

How to Cite

Thabrani, F. ., Kusmiati, R. ., Rustinar, E. ., & Hakim, M. . (2025). SOSIALISASI MENGGAMBAR 2D MENGGUNAKAN MICROSOFT PAINT DI SD N 100 BENGKULU UTARA. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 341–349. https://doi.org/10.36085/almaun.v5i1.7176

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times