Sosialisasi Tentang Pemasaran Menggunakan Aplikasi Media Sosial Kepada Pelaku UMKM

Authors

  • selvin marsa hutabarat Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Herwan MDK Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ade Irma Suryani Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Keywords:

Sosialisasi, Pemasaran, Media Sosial

Abstract

Pemanfaatan sosial media dapat berimbas positif bagi sebuah produk. Penggunaan media sosial digunakan oleh masyarakat dalam melakukan banyak aktivitas mulai dari entertainment, melakukan bisnis, mencari info atau aktivitas lainnya. Media Sosial Kepada Pelaku UMKM Mengenai Media Sosial Sebagai Saranan Berbisnis Online. Ketiga pokok bahasan ini dijelaskan secara rinci kepada masyarakat usaha kecil dan menengah mengenai manfaat media sosial sebagai sarana bisnis sosial. Media social ini sangat bermanfaat dikalangan masyarakat terutama yang berbisnis,dengan ada media social masyarakat bisa usaha lewat online dan banyak di kenal oleh masyarakat lain. Usaha kecil dan menengah (selanjutnya disingkat UMKM) juga tidak terlepas dari media sosial sebagai media pemasaraan untuk mendukung kinerja organisasi bahkan dapat digunakan untuk menaikkan pendapatan. Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa UMKM harus menggunakan media sosial. Penggunaan media sosial pada UMKM memberikan banyak manfaat di antaranya adalah sebagai sarana bisnis online , sebagai sarana promosi mendata kebutuhan konsumen, sebagai sarana menyampaikan respon kepada konsumen dan sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis. Di desa Pajar Bulani ni mayoritas usaha masyarakat yaitu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bidang penjualan seperti warung makanan dan lain-lain.

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016-2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Jakarta.

Maoyon (2022). Pengantar Bisnis Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.

Nasrullah, Rulli. (2022). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Soegijoko (2010). Perilaku Konsumen; Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

01-07-2024

How to Cite

marsa hutabarat, selvin, MDK, H. ., & Irma Suryani, A. (2024). Sosialisasi Tentang Pemasaran Menggunakan Aplikasi Media Sosial Kepada Pelaku UMKM. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 111–115. Retrieved from https://jurnal.umb.ac.id/index.php/almaun/article/view/6567
Abstract viewed = 6 times