PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA ANAK MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR DI ERA PANDEMI KELURAHAN BAJAK
DOI:
https://doi.org/10.36085/almaun.v1i1.3197Keywords:
anak usia dini, edukasi, membaca story telllingAbstract
Upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan memberlakukan pembatasan jam belajar di sekolah membuat pendidikan di Indonesia kurang optimal. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, salah satunya melalui program kerja bimbingan belajar pada KKN Mandiri Universitas Muhammadiyah Bengkulu tahun 2021. Bantuan belajar ini merupakan bentuk kontribusi mahasiswa dalam bidang Sains dan Bimbingan Belajar. Dalam hal ini metode yang digunakan adalah deskriptif naratif analisis informasi dan menggunakan teknik analisis data naratif deskriptif, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu orang tua yang tidak bisa mendampingi anaknya dalam pendidikan online dan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kegiatan ini berlangsung di RT-05 Desa Bajak dengan cara tatap muka dengan protokol kesehatan dan dibatasi jumlah siswa agar bisa menjaga jarak. Hasil kegiatan membuktikan bahwa orang tua merasa terbantu dengan adanya program bimbingan belajar dan anak menunjukkan perilaku yang antusias dan lebih termotivasi dalam belajar.
Kata kunci: anak usia dini, edukasi, membaca story tellling.
References
Berdaya Abdimas. 2018. Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.2 No.2 P-ISSN: 2685-1563
enfindonesia.id/2021/02/09/kondisi-pendidikan-di-indonesia-selama-pandemi/, diakses pada Minggu, 03 Oktober 2021
Kamarullah: Pendidikan Matematika di Sekolah Kita | Al Khawarizmi, Vol. 1, No. 1, Juni 2017
https://pemas.unisla.ac.id/index.php/JAB/article/viewFile/7/10
Dewi, V. S., & Maharani, S. (2016). IBM Membangun “Desa Cermat Melalui Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswaâ€. Jurnal Terapan Abdimas. Vol. 1 No. 1., 1-7