Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Minuman Kopi Di Tomoro Coffee

Authors

  • Nanda Andini Universitas Dehasen Bengkulu
  • Ana Nurmalia
  • Yossie Yumiati

DOI:

https://doi.org/10.36085/agribis.v18i1.7407

Abstract

Tren nongkrong dikedai kopi membuat bisnis kedai kopi memiliki kemajuan yang sangat pesat. Tomoro Coffee yang terletak di Padang Jati, Kota Bengkulu menjadi salah satu kedai kopi yang populer dengan menawarkan minuman kopi yang dapat menyesuaikan kebutuhan pecinta kopi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap minuman kopi Tomoro Padang Jati, Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan regresi linear berganda. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan metode standar eror untuk proporsi atau presentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel kualitas produk, harga, citra merek dan inovasi produk terhadap kepuasan konsumen pada minuman Kopi Tomoro Coffee Padang Jati, Kota Bengkulu. Maka dapat disimpulkan kualitas produk, harga, citra merek dan inovasi produk pada Kopi Tomoro Coffee Padang Jati, Kota Bengkulu terbukti dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Secara parsial tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel kualitas pelayanan dan emosional terhadap kepuasan konsumen pada minuman Kopi Tomoro Coffee Padang Jati, Kota Bengkulu. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan emosional tidak mempengaruhi kepuasan konsumen secara langsung. Dengan Adjusted R Square (R2 ) sebesar 0,645 atau 64,5%, penelitian ini menegaskan pentingnya variabel-variabel tersebut dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di Tomoro Coffee Padang Jati, Kota Bengkulu.

Downloads

Published

2025-01-19
Abstract viewed = 9 times