SOSIALISASI PENINGKATAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN ETIKA DI KALANGAN SISWA SD MIN 2 REJANG LEBONG

Authors

  • Sastra Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Rossa Ayuni Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Ristontowi Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Rekho Adriadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/sa.v4i1.7152

Abstract

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap ajaran Islam dan pendidikan agama di SD MIN 2 Rejang Lebong. Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Bengkulu melaksanakan sosialisasi ini sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai moral dan agama kepada generasi penerus. Untuk meningkatkan perhatian siswa dan mempermudah pemahaman ajaran Islam seperti penerapan akhlak mulia dan rukun iman, maka teknik pelaksanaannya meliputi ceramah interaktif, media visual, percakapan, dan permainan edukatif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa hampir 85% siswa dapat memahami dasar-dasar ajaran Islam dengan baik dan mulai berperilaku lebih baik dalam kehidupan sehari-hari. Latihan ini telah berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang pendidikan agama dan etika, meskipun ada kendala tertentu termasuk keterbatasan waktu dan perbedaan tingkat pemahaman siswa. Melalui bimbingan guru di kelas, diharapkan dampak jangka panjang dari sosialisasi ini akan terus membaik. Latihan ini juga menunjukkan betapa pentingnya strategi pengajaran yang interaktif dan beragam untuk membangun lingkungan belajar yang produktif dan menyenangkan.

References

Ahmad, I. (2023). Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Basri, H., & Mahfud, M. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Agama di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Dewi, R. S., & Nasution, A. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Pemahaman Etika Islami di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 45-60.

Fadli, M. R. (2022). Pendidikan Karakter Islami: Teori dan Praktik di Sekolah Dasar. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Hasanah, U. (2023). Metode Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 14(2), 85-98.

Nuryanti, S., & Taufik, A. (2022). Pengaruh Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(3), 123-134.

Rahmawati, S., & Suryani, L. (2023). Strategi Penerapan Etika Islami pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 15(1), 72-88.

Zulfikar, M., & Syafrudin, A. (2022). Integrasi Pendidikan Agama Islam dan Pembentukan Karakter di Sekolah Dasar. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

Sastra, Rossa Ayuni, Ristontowi, & Rekho Adriadi. (2025). SOSIALISASI PENINGKATAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN ETIKA DI KALANGAN SISWA SD MIN 2 REJANG LEBONG. Setawar Abdimas, 4(1), 46–52. https://doi.org/10.36085/sa.v4i1.7152

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 25 times