KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MODEL PEMBELAJARAN PJBL DAN PBL PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 02 SEBERANG MUSIv

Authors

  • Jalaluddin Mahali SMPN 2 Kepahiang

DOI:

https://doi.org/10.36085/jrips.v3i1.6195

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) di SMP Negeri 02 Seberang Musi. Jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan cara total sampel. Kelas dibagi menjadi 3 kelas secara purposive sampling. Desain penelitian menggunakan non-equivalent control group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan lembar tes kemampuan pemecahan masalah. Data dianalisis menggunakan uji one way anova. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) serta pembelajaran Konvensional. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik digunakan dalam Kemampuan Pemecahan Masalah dibandingkan model Project Based Learning (PjBL) dan konvensional pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 02 Seberang Musi.

 

Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, PjBL, PBL

Downloads

Published

01/30/2024

How to Cite

Mahali, J. (2024). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MODEL PEMBELAJARAN PJBL DAN PBL PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 02 SEBERANG MUSIv. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.36085/jrips.v3i1.6195

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 43 times