MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBASIS BOOKLET MAKROINVERTEBRATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 7 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.36085/jrips.v3i1.6192Abstract
Penelitian bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru, peserta didik, serta hasil belajar
psikomotorik dan kognitif peserta didik melalui penerapan model Cooperative Learning tipe
Jigsaw menggunakan booklet makroinvertebrata. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak 2 siklus yang tiap
siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah
guru dan peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023.
Data dikumpulkan dengan cara observasi dan tes serta menggunakan instrumen penelitian
berupa lembar observasi dan lembar tes. Hasil analisis aktivitas guru siklus I diperoleh nilai 47,5
(baik) dan siklus II 52 (baik). Hasil analisis aktivitas peserta didik siklus I diperoleh nilai 46
(baik) dan siklus II 51,5 (baik). Analisis hasil belajar psikomotorik siklus I diperoleh nilai 10
(cukup) dan siklus II diperoleh nilai 13 (baik). Hasil belajar kognitif siklus I sebesar 72, 22 %
(belum tuntas) dan siklus II 83,33% (tuntas). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa
penerapan model Cooperative Learning tipe Jigsaw menggunakan booklet makroinvertebrata
mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 7
Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Booklet, Makroinvertebrata, Hasil Belajar.