MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBASIS BOOKLET MAKROINVERTEBRATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Authors

  • Salmeri Salmeri SMA Negeri 7

DOI:

https://doi.org/10.36085/jrips.v3i1.6192

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru, peserta didik, serta hasil belajar

psikomotorik dan kognitif peserta didik melalui penerapan model Cooperative Learning tipe

Jigsaw menggunakan booklet makroinvertebrata. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan

kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak 2 siklus yang tiap

siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah

guru dan peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023.

Data dikumpulkan dengan cara observasi dan tes serta menggunakan instrumen penelitian

berupa lembar observasi dan lembar tes. Hasil analisis aktivitas guru siklus I diperoleh nilai 47,5

(baik) dan siklus II 52 (baik). Hasil analisis aktivitas peserta didik siklus I diperoleh nilai 46

(baik) dan siklus II 51,5 (baik). Analisis hasil belajar psikomotorik siklus I diperoleh nilai 10

(cukup) dan siklus II diperoleh nilai 13 (baik). Hasil belajar kognitif siklus I sebesar 72, 22 %

(belum tuntas) dan siklus II 83,33% (tuntas). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa

penerapan model Cooperative Learning tipe Jigsaw menggunakan booklet makroinvertebrata

mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 7

Kota Bengkulu.

Kata Kunci: Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Booklet, Makroinvertebrata, Hasil Belajar.

Author Biography

Salmeri Salmeri, SMA Negeri 7

SMAN 7 Kota Bengkulu

Downloads

Published

01/30/2024

How to Cite

Salmeri, S. (2024). MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBASIS BOOKLET MAKROINVERTEBRATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 3(1), 1–13. https://doi.org/10.36085/jrips.v3i1.6192

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 18 times