PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI SMA NEGERI 2 LUBUKLINGGAU

Authors

  • Vidya Bunaya SMA Negeri 2 Kota Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.36085/jrips.v2i1.4790

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:  bagaimana penerapan model  pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dalam pembelajaran biologi  materi pokok Virus di  kelas  X MIA  3  SMA Negeri  2 Lubuklinggau serta  mengetahui seberapa  besar  model pembelajaran    kooperatif    tipe   numbered    head   together    (NHT)    mampu  meningkatkan basil  belajar biologi materi pokok Virus di  kelas X MIA  3  SMA Negeri 2 Lubuklinggau.  Penelitian  ini merupakan   Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK).   Dalam  penelitian   ini peneliti    menggunakan     satu    kelas    untuk    menerapkan   model    pembelajaran kooperatif  tipe numbered  head  together  (NHT)  yaitu  kelas X MlA 3 SMA  Negeri 2 Lubuklinggau yang jumlahnya ada 36 peserta  didik. Penelitian   ini dilaksankan  dalam  tiga tahap,  tahap  pertama adalah  kegiatan  pra siklus,  yaitu  mencari  data  hasil  belajar  siswa  kelas  X MIA  3 SMA  Negeri  2  Lubuklinggau    Tahun  sebelumnya    untuk   materi   virus.   Hal  ini penting  untuk dijadikan  dasar nilai awal. Tahap kedua adalah pelaksanaan  siklus I, siklus  II dan siklus  III. Sedangkan  tahap ketiga   yaitu  penyempurnaan    data  dan  penyusunan   laporan.   Pada  kondisi   awal  sebelum  diterapkan  model pembelajaran  kooperatif  tipe NHT, hasil belajar  peserta didik  sangat  rendah  yaitu  rata-rata   basil  belajar  hanya 61,36 dengan  ketuntasan belajar   40%.   Setelah   dilaksanakan   model   pembelajaran    kooperarif   tipe NHT aktivias   dan  hasil   belajar   pesert.a  didik  meningkat.    Pada  siklus   I.  prosentase aktivitas   belajar   antar   peserta   didik   sebesar   65,40%   dan  prosentase   aktivitas belajar  peserta didik  dengan  guru  sebesar  59,42%  dengan  iata-rata  hasil  beiajar peserta  didik 63,87  dan ketuntasan  belajar  52, 17%. Pada siklus II, prosentase  aktivitas  belajar antar peserta  didik  sebesar 76,27%  dan prosentase   aktivitas  belajar  peserta   didik  dengan   guru  sebesar   78,25%   dengan rata-rata  basil  belajar  74,44 dan ketuntasan  belajar  71, 74%.  Sedangkan  pada siklus  III, prosentase   aktivitas  belajar  antar peserta  didik  sebesar  82,33%  dan  prosentase aktivitas  belajar  peserta  didik  dengan  guru  sebesar  84,58%   dengan  rata-rata  basil belajar  83,57  dan ketuntasan   belajar  93,48%.  Dari  data tersebut,  jelas   bahwa  ada peningkatan   aktivitas  belajar  dan hasil  belajar  dari  sebelurn  diterapkannya   model pembelajaran   kooperatif   tipe  NHT  dengan  setelah   model  pembelajaran    tersebut diterapkan.

Kata kunci : Hasil Belajar, NHT, PTK

Downloads

Published

01/31/2023

How to Cite

Vidya Bunaya. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI SMA NEGERI 2 LUBUKLINGGAU. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 2(1), 57–73. https://doi.org/10.36085/jrips.v2i1.4790

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 284 times