PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU

Authors

  • Heppi Purnama sari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rusdi Hasan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Irwandi Irwandi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Apriza Fitriani Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jrips.v1i1.2789

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu.Dengan menggunakan rancangan penelitian Non-Randomized Control Group Pretest-Postest Desigen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswakelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu yang terdiri 2 kelas dengan jumlah 64 siswa, dimana kelas eksperimen yaitu X MIPA 1 berjumla 31 siswa dan kelas Kontrol X MIPA 2 berjumlah 33. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitaian menggunakan uji-t.Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrument berupa tes esay untuk berpikir kreatif dan tes objektif untuk hasil belajar kognitif. Berdasarkan hasil uji t kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi model pembelajaran konvensional dapat dilihat dari rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu 77,25> 69,09. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi model pembelajaran konvensional dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yaitu 79,03> 69,48.

Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek

References

Adawiah, R., Side, S., Alimin. 2014. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas MS SMAN 3 Lau Maros (Studi Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia).Jurnal Chemica. Universitas Negeri Makassar.Vol.15, No 2.

Ahrivin, N. 2016.PengaruhPenggunaan Model GroupInvestegationTerhadap KemampuanBerpikirkreatifdanHasilBelajarBiologiSiswa di SMP N 19 Bengkulu selatan.Skrpsi Prodi Pendidikan Biologi. Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Amanda, N.W.Y., Subagia, I.W., Tika, I.N., 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa.e-JournalProgram Pascasarjana.Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA.Vol.4.

Cahayasari, V.D., Haryanti, E.H.W. 2016.Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Virtual Laboratory Terhadap PeningkatanBerfikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Materi Eubacteria di SMA Negeri 8 Semarang.Jurnal Universitas PGRI Semarang Vol.5, No.1

Darmadi, H. 2014. MetodePenelitian Pendidikan danSosial.Alfabeta. Bandung.

Fauzi., Manurung, B., Edi, S. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 1 Bedahara Aceh Tamiang. Jurnal Pendidikan Biologi. Universitas Negeri Malang.Vol.6, No.1.

Fitria, A. 2017.Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning TerhadapHasilBelajarSiswaPadaMateriKoloid MAN Indrapuri Aceh Besar. Skripsi FakultasTarbiyah dan KeguruanProdi Pendidikan Kimia.Universitas Islam NegeriAr-RaniryDarussalam.

Hamdani. 2011. StrategiBelajarMengajar. CV Pustakasetia.Bandung.

Intan, I. S. 2017.Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Self Regulation Peserta Didik Kelas X SMA 8 Bandar Lampung Pada Materi Pencemaran Lingkungan.Skripsi.Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Raden Intan Lampung.

Izwar., Kristnti,D. 2017. Pengaruh Model PembelajaranPengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas V Pada Materi Lingkungan di MIN 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya.Jurnal Bina Gogik. Vol.4, No.2.

Jagantara, I. M. W., Adyana, P.B., Widiyanti, N.L.P.M. 2014. Pengaruh Model PembelajaranPjBL(Project Based Learning) TerhadapHasilBelajarBiologiDitinjauDari Gaya BelajarSiswa SMA. e-Journal Program Pasarjana.Universitas Pendidikan Ganesah. Vol.4.

Kasyifa., J. G. N., Sumantri, M. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numrik Siswa Kelas IV SD. e-Jurnal PGSD. Universitas Pendidikan Ganesah Jurusan PGSD. Vol.3, No.1.

Lawe, Y.U. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Journal Of Education Technology. Vol. 2 No. (1)

Lestari, D.F. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning TerhadapKemampuanBerpikirKreatifSiswaKelas IV Pada Mata Pelajaran IPA di SDN Jarakan.SkripsiProgram Studi Pendidikan Guru SekolahDasar.UniversitasNegeri Yogyakarta.

Manahal, S., Darmawan, E., Corebima, A.D. 2009. Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Ekosistem Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. Jurnal Prodi Biologi. Universitas Negeri Malang.

Majid, A. 2013.StrategiPembelajaran.PT RemajaRosdakarya. Bandung.

Maula, M.M., Prihatin, J., Fikri, K. 2014. Pengaruh Model PjBL (Project- Based- Learning)TerhadapKemampuanBerfikirKreatifdanHasilBelajarPadaMateriPen gelolaan.JurnalFakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanLingkungan. UniversitasJember (UNEJ).

Mariam, F.S. 2017 Pembelajaran Berbasis Proyek Metode Gallery Walk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Skripsi Biologi .Universitas Islam Negeri Sunun Gunung Djati Bandung.

Noviyani, H. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa. Jurnal.Pendidikan Matematika Stkip PGRI Bandar Lampung.

Purba, S.O., Manurung, B., Mulyana, R. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek dan Kooperatif Tipe Group Investagation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi SMA. Jurnal Pendidikan Biologi. UNS.

Rati, W.N., Kusmaryatini, N., Rediani, N. 2017. Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas, dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indoneia. Universitas Pendidikan Ganesah Singaraja. Vol.6, No.1.

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran. PT RajagrafindoPersada. Jakarta.

Salam, B. 2014.Cara Belajar Yang SuksesPeguruan Tinggi.PT AsdiMahasatya.Jakarta. Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta. Jakarta.

Susanti. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampua Berpikir Kreatif dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Materi Nutrisi. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol.18, No.1.

Sosilowati,I., Iswari, R.S., Sukaesih, S. 2013.Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar SiswaSMA Materi Sistem Pencernaan Manusia. Unnes JournalOf Biology Education. Universitas Negeri Semarang.Vol.2, No.1.

Suprijono, A. 2013.Coverative Learning.PustakaPelajar. Yogyakarta.

Sutirman. 2013. Media & Model-Model PembelajaranInovatif. GerahaIlmu.

Yogyakarta.

Wahida, F., Rahman, N., Gongo, S.T. 2015.Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Negeri 1 Parigi.Jurnal Sains dan Teknologi. Universitas Tadulako. Vol.4, No.3.

Warsono. H. 2013. Pembelajaran Afektif. PT RemajaPosdakaryaBandung.

Wena, M. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. PT BumiAksara Jakarta.

Widodo. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Fisika di SMA. Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

12/18/2021

How to Cite

sari, H. P., Hasan, R., Irwandi, I., & Fitriani, A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 1(1). https://doi.org/10.36085/jrips.v1i1.2789
Abstract viewed = 973 times