PELATIHAN DAKWAH PADA ANAK-ANAK KELAS 6 SDN 118 KAUR (LOKAL JAUH)

Penulis

  • Tri Handoyo Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ujang Juhardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Kata Kunci:

pelatihan dakwah, lomba kultum, pendampingan belajar.

Abstrak

SDN 118 Kaur lokal jauh adalah sekolah dasar yang berada di Dusun Sidorejo, Desa Merpas, Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur. Lokal jauh artinya sekolah ini menyelenggarakan kelas diluar sekolah induk. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh anak-anak SDN 118 Kaur lokal jauh adalah kurangnya pemahaman tentang ilmu agama, kesulitan membaca Al-Qura’an dan kurangnya percaya diri untuk tampil didepan kelas. pelatihan adalah proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan. Salah satu upaya dalam menjaga keberlangsungan tongkat estafet dalam menjalankan dakwah, pelatihan dakwah menjadi sebuah solusi untuk menarik minat baik anak-anak ataupun remaja untuk berlatih menjadi seorang pendakwah. Dari pelatihan yang telah dilakukan telah Nampak kemajuan dan juga perkembangan yang dialami oleh anak-anak SDN 118 Kaur lokal jauh, baik dilihat dari mental untuk tampil didepan umum maupun kemampuan dalam melakukan dakwah yaitu KULTUM. Hal ini bisa kita lihat dari munculnya beberapa nama seperti Putri Safilla, Herliyan Indra Aprillio dan Eko Baharudin yang muncul sebagai pemenang lomba kultum yang dilakukan di SDN 118 Kaur lokal jauh.

Referensi

Ahmad, Syah, dan Qudus Dalimunthe. 2023. “Terminologi Dakwah dalam Perspektif Al-Qur’an.” Pendidikan Tambusai 7 (1): 1415–20.

Aminudin, Angga, dan Agus Suradika. 2022. “Peluang dan Tantangan Dakwah bil Lisan melalui Youtube sebagai Metode Komunikasi Dakwah.” Perspektif : Jurnal Pendidikan, Politik, Budaya, Manajemen, Komunikasi, Pemerintahan, Humaniora, dan Ilmu Sosial 2 (1): 12–21.

Auliya, Indah. 2021. “Pelatihan Dakwah bil Lisan Melalui Kegiatan Kuliah Tujuh Menit pada Santri di Pondok Pesantren An-Nadhira Kalibeber.” ARKANA Jurnal Komunikasi dan Media 1 (1): 22–33.

Dewi Surani, Listiawati, Merli Andini, Naufal Mahdy. 2020. “PELATIHAN MACRAME UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN IBU-IBU RUMAH TANGGA PRODUKTIF DI LINGKUNGAN KELURAHAN DALUNG.” Abdimas Bina Bangsa 01 (02): 143–52.

Firmansyah, Ata. 2020. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Peningkatan Akhlak Anak.” Alim | Journal of Islamic Education 2 (1): 139–50. https://doi.org/10.51275/alim.v2i1.174.

Kbbi.kemdikbud.go.id. n.d. “Definisi Anak menurut KBBI.” kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses 21 September 2024a. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Anak.

———. n.d. “Definisi pelatihan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).” kbbi.kemdikbud.go.id.

———. n.d. “Definisi sekolah menurut KBI.” kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses 21 September 2024b. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/sekolah.

Al-Hikmah Dalam Metode Dakwah Di Surah An-Nahl Ayat 125.” Alamtara: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 6 (2): 164–72.

Parinsi, Mario Tulenan, Alfrina Mewengkang, dan Tessa Rantung. 2021. “Perancangan Sistem Informasi Sekolah Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 (3): 227–40. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1340.

Sinambela, Fachrul Rozy, dan Mutiawati. 2022. “Implementasi Dakwah Bil-Lisan dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Masyarakat.” El Madani : Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam 3 (02): 207–15. https://doi.org/10.53678/elmadani.v3i02.910.

Diterbitkan

2024-12-05

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 4 No 3 2024
Abstrak viewed = 40 times