MENGINTERNALISASI KARAKTER KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU

Penulis

  • Rifa’i Rifa’i Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Tegar Nugroho Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Desi Firmasari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Syukri Amin Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Lety Febriana Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Kata Kunci:

karakter kewirausahaan, pembelajaran, pendidikan.

Abstrak

Karakter kewirausahaan adalah elemen penting dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi dunia yang terus berubah dan kompetitif. Namun, pendidikan di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu dan sebagian besar sekolah seringkali terfokus pada aspek akademik, mengabaikan pengembangan karakter kewirausahaan ke dalam kurikulum. Penelitian ini mengidentifikasi permasalahan dan mengusulkan metode pemecahan dengan merancang program pembelajaran yang terfokus pada aspek karakter kewirausahaan, seperti inisiatif, kreativitas, kerja sama, dan pengambilan risiko. Metode pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan berbasis pendidikan yang mendorong siswa untuk mengembangkan solusi kreatif terhadap masalah nyata dalam tim. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan siswa untuk mengembangkan karakter kewirausahaan, serta peningkatan pemahaman mereka tentang risiko dan peluang dalam konteks berwirausaha. Integrasi karakter kewirausahaan dalam pendidikan di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu  melalui pendekatan berbasis pendidikan adalah cara efektif untuk mempersiapkan siswa menjadi individu yang lebih kompeten, inovatif, dan siap menghadapi tantangan masa depan dalam dunia yang kompetitif. Pendekatan ini dapat menjadi landasan untuk pengembangan kurikulum yang lebih inklusif yang memasukkan aspek kewirausahaan dalam pendidikan di seluruh tingkat sekolah.

Referensi

Akmal, F., Purnomo, A., & Salam, R. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smp Alam Ar-Ridho Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(1), 7–15. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v2i1.36793

Asri, M. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Kewirausahaan Pada Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah FIP UNM. Jurnal Edukasi Nonformal, 159–170.

Damayanti, S., & Effane, A. (2022). Fungsi Kewirausahaan Dalam Pendidikan. Karimah Tauhid, 1(1), 90–98. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7711

Hadipranta, A. F. (2018). Dasar Pola Pikir Kewirausahaan dan Wirausaha. 41.

Hasan, M., Azizah, N., Nurjannah, N., Nurdiana, N., & Arisah, N. (2022). Pengembangan Pembelajaran Kecakapan Hidup Berbasis Karakter Kewirausahaan pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4299–4309. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2791

Insana, D. R. M., & Mayndarto, E. C. (2017). Pembangunan Karakter Wirausaha Mahasiswa Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi, 19(3),348–356. http://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/1/article/view/29

Pangesti, I. (2018). Kebijakan Dan Penerapan Model Pendidikan Kewirausahaan Untuk Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Saragih, R. (2017). A Membangun Usaha Kreatif,Inovatif Dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Kewiraushaan, 3(2), 50–58.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3. (2003).

Diterbitkan

2024-12-02

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 4 No 3 2024
Abstrak viewed = 10 times