SOSIALISASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA BERWARGANEGARA YANG BAIK DI SDN 17 SEMBAYAT KECAMATAN SELUMA TIMUR TAHUN 2024
Kata Kunci:
sosialisasi, pembelajaran pkn, siswa.Abstrak
Kegiatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewaranegaraan (PKn) di Sekolah Dasar 17 Sembayat Seluma dan pengaruhnya terhadap pembentukan perilaku siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan siswa sebagai informan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, yang menyoroti pengalaman siswa dalam pembelajaran PKn. Hasil Kegiatan menunjukkan bahwa sosialisasi pembelajaran PKn telah berjalan sesuai harapan, dengan indikasi perkembangan kepribadian yang baik pada siswa. Indikator keberhasilan meliputi kombinasi pembelajaran antara pelajaran agama dan PKn, serta pelatihan bela negara yang dilaksanakan di luar jam belajar. Komitmen tinggi dari pihak sekolah dalam mengevaluasi pembelajaran juga berkontribusi pada pemahaman siswa. Sekolah memprioritaskan PKn sebagai mata pelajaran yang mendidik dan memotivasi, serta menyediakan tenaga konseling untuk mendukung pembentukan karakter siswa. Kegiatan ini menekankan pentingnya integrasi pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk generasi yang bertanggung jawab.
Referensi
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains STITPN, 2, 97–104. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/download/995/689#:~:text=Tujuan utama pendidikan kewarganegaraan adalah,mengkaji dan akan menguasai imu
Maulana, B., Marsela, D., Uzzahra, N., Wahyuningsih, S., & Afandi, A. (2023). The Role of Civic Education in the Formation of National Identity and Awareness of the Indonesian Nation in the Era of Globalization. AURELIA: Jurnal Kegiatan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 755–761. https://doi.org/10.57235/aurelia.v2i2.661
Maulana, M. Y., & Milanti, A. A. (2023). A systematic literature review on civic engagement program through citizenship education. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 20(2), 341–358. https://doi.org/10.21831/jc.v20i2.66024
Nasution, T., Lu’Lu Rahmadanti, Melvi Sari Anggraini, & Fadiah Dian Nashfati. (2023). Keterkaitan Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Mata Pelajaran Lain Dalam Fakta Sejarah. PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial), 2(1), 15–25. https://doi.org/10.61721/pendis.v2i1.99
Pratiwi, Y., Hakim, L., & Surmilasari, N. (2023). Keberagaman Hak dan Kewajiban Siswa dalam Membentuk Karakter. Journal on Education, 5(3), 7304–7318. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1521
Sari, M. A., & Sabina, M. (2024). Pentingnya Memperkuat Moralitas Anak Melalui Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. 06(3), 203–208.
Sibarani, S., & Sinamo, N. (2020). Implementation of Educational Policy in Indonesia. KnE Social Sciences, 2020, 433–440. https://doi.org/10.18502/kss.v4i14.7900
Tuhuteru, L. (2023). The role of citizenship education in efforts to instill democratic values. International Journal Of Humanities Education And Social Sciences (IJHESS, 2(4), 1251–1263. https://ijhess.com/index.php/ijhess/