PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI SOSIALISASI DI DESA DURIAN SEGINIM

Penulis

  • Nedy Ramadhan Syaputra Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ledyawati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Titi Darmi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Kata Kunci:

Admisnistrasi, BalaI Desa, Sosialisasi.

Abstrak

Administrasi kependudukan memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung pelaksanaan pemerintahan yang bersih dan efisien. Secara umum, hal ini dapat diartikan sebagai proses pengelolaan data, informasi, dan sumber daya untuk mencapai tujuan tertentu secara terstruktur dan terorganisir. Metode kegiatan dalam program sosialisasi untuk meningkatkan layanan administrasi kependudukan di Desa Sindang Bulan, Seginim, akan dikembangkan secara sistematis dan terstruktur untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Kegiatan sosialisasi untuk peningkatan layanan administrasi kependudukan di Desa Sindang Bulan, Seginim, dilaksanakan berdasarkan metodologi yang telah dirancang. Kegiatan ini mencakup berbagai bentuk pelatihan, kampanye informasi, dan layanan terpadu. Dari deskripsi implementasi, kegiatan sosialisasi peningkatan pelayanan administrasi kependudukan di Desa Sindang Bulan, Seginim telah mencapai tujuan utamanya dengan signifikan. Sebagai pendekatan yang terstruktur dan sistematis, kegiatan ini meresponsasikan peningkatan pemahaman masyarakat mengenai kepentingan administrasi kependudukan, peningkatan tingkat partisipasinya dalam segi pengurusan dokumen, dan pengaruhnya dalam aspects kepuasaan masyarakat.

Referensi

Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil. (2020). Laporan Tahunan Administrasi Kependudukan. Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Nurhayati, S., & Handayani, L. (2018). Efektivitas Sosialisasi dalam Peningkatan Pelayanan Publik di Desa. Jurnal Ilmu Administrasi, 15(2), 112-130.

Sitorus, B., & Rahmawati, F. (2019). Modernisasi Administrasi Kependudukan melalui Sistem Daring: Implikasi dan Tantangan. Jurnal Administrasi Publik Indonesia, 23(1), 45-62.

Yuliana, M. (2021). Peningkatan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Daerah Pedesaan. Jurnal Pemerintahan Desa, 10(3), 58-72.

Diterbitkan

2025-04-01

Terbitan

Bagian

Edisi April Vol 5 No 1 2025
Abstrak viewed = 0 times