UPAYA MENINGKATKAN INTEGRITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN AKHLAK TERPUJI PADA ANAK-ANAK DI DESA BATU BANDUNG

Penulis

  • Dira Andra Yani Universitas Muhamamdiyah bengkulu
  • Nazar Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Miswanti Yuli Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Solehan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Kata Kunci:

KKN, Mandiri, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Pendidikan pada dasarnya merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia supaya dapat menjadi manusia yang memiliki pemahaman yang baik tentang Agama Islam dan memiliki karakter yang baik. Berdasarkan hal tersebut yang menjadi pokok bahasannya ialah bagaimana cara kita untuk meningkatkan integritas pendidikan agama islam dan akhlak terpuji pada anak-anak khususnya anak-anak didesa Batu Badung.  Meningkatkan pemahaman belajar pendidikan agama islam dan akhlak terpuji sangat diperlukan dan bahkan tidak bisa ditinggal atau ditunda. Upaya ini dapat berjalan dengan lancar dan berhasil apabila dilakukan secara integral dimulai dari lingkungan, sekolah dan masyarakat. Pemahaman yang harus ditanamkan dalam upaya diatas  ialah seperti cinta kepada Allah dan alam semesta berserta isinya, tanggungjawab, disiplin, patuh kepada orangtua, guru, teman dan masyarakat. Dan akhlak terpuji juga bisa dicerminkan dengan perbuatan yang baik, jujur, saling tolong menolong, sopan santun dan menghormati yang lebih tua. Apabila karakter-karakter yang luhur telah tertanam didalam diri sendiri maka akhlak terpuji itu sendiri secara otomatis akan tercermin dalam  prilaku dikehidupan kita sehari-hari.

Referensi

Adjat Sudrajat dkk, Din Al-Islam: Pendidikan Agama Islamm di Perguruan Tinggi Umum, Yogyakarta: UNY Perss, 2008.

Athiyah, Al-Abrasyi Muhammad. 1974. Dasar-dasar pokok Pendidikan Islam. cet. II. : Bulan Bintang. Jakarta.

E.Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter dan Pembangunan Bangsa, Jakarta: Gramedia, 2011.

Harfiani, R. (2021). Peran Aisyiyah Dalam Peningkatan Pendidikan Agama Islam. al ulum pendidikan agama islam, 3.

Hastuti. W. M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Bercerita dengan Metode bercerita dengan Audio Visual. Intiqab, 121.

Kartini Kartono, Patologi Sosial Kenakalan Remaja, Jakarta: Rajawali Pers, 1992.

Mahjidin, Konsep Dasar Pendidikan Akhlak, Jakarta: Kallamulia, 2022

Pratomo, H. (2019). Kedudukan Al Quran Perspektif Nahdlatul Ulama dan Aplikasinya dalam Bahsul Masa’il NU. JURNAL STUDY AL QURAN DAN HUKUM.

Purnama Sari, “Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran”, Islamic Counseling, Vol 1 No. 01 Tahun 2017, Curup: STAIN Curup, 2017.

Ramayulis, p. (2005). Metodelogi Pendidikan Agama Islam,. Jakarta: Kalam Mulia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Islam.

Zakiah Darajat, Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: Ruhama, 1995.

Diterbitkan

2024-08-07

Terbitan

Bagian

Edisi April Vol 4 No 1 2024
Abstrak viewed = 25 times