EDUKASI PEMANFAATAN SAMPAH PADA SISWA SD NEGERI SADARKARYA

Penulis

  • Pardoyo Pardoyo Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mardiah Syofiana Universitas muhammadiyah Bengkulu
  • Megasari Apriniarti Universitas muhammadiyah Bengkulu

Kata Kunci:

Pendidikan, Sampah, Siswa

Abstrak

Sekolah dasar negeri sadarkarya di kabupaten musi rawas, adapun masalah yang dihadapi masih kurangnya penerapan pemanfaatan sampah di lingkungan sekolah dan kurangnya fasilitas pendukung. Tujuan diadakan program ini tentunya ada banyak manfaat yang bisa diraih oleh siswa, guru dan warga sekitar sekolah adapun dapat meningkatkan kesadaran akan dampak buruk yang ditimbulkan untuk kesehatan dan supaya mampu menanggulangi masalah kesehatan di masyarakat. menciptakan lingkungan yang sehat dan mengningkatkan kualitas siswa dan guru yang lebih sehat dari program ini supaya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat agar proses belajar  dan mengajar berjalan dengan lancar serta menjaga kesehatan murid dan warga sekolah. Kegiatan ini untuk mengajak anak anak terutama siswa SD Sadarkarya menerapkan pemanfaatan sampah yang berguna dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari penyakit. Hasil yang saya dapat setelah melakukan edukasi ini lingkungan sekolah yang tadinya sudah menjadi sumber penyakit, sekarang lingkungan sekolah tersebut sudah bersih dari sisa-sisa sampah anorganik maupun organik dan 80% siswa sepenuhnya sudah memahami begitu penting menjaga lingkungan. Harapan saya kepada siswa maupun pihak sekolah yang terlibat agar selalu menerapkan edukasi yang sudah di terapkan oleh mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Bengkulu sepenunya.

Referensi

Apriyani, A., Putri, M. M., & Wibowo, S. Y. (2020). Pemanfaatan sampah plastik menjadi ecobrick. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 1(1), 48–50. https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i1.11

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2020). Statistik Lingkungan Hidup Indonesia. Badan Pusat Statistik.

Dita Puteri, A., & Yuristin, D. (2022). Penyuluhan Pengelolaan Sampah Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 008 Salo. COVIT (Community Service of Health), 2(2), 271–276. https://doi.org/10.31004/covit.v2i2.10561

Mulyaningsih, R. S. (2023). (2023). Edukasi Pemanfaatan Sampah Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak. 07(02), 80–88.

Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151

Sukma, H. H. (2021). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital Dini. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta, 1(01), 85–92. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.13

Yuningsih, Y., Anwar, A. S., Guru, P., & Dasar, S. (2014). Sosialiasi Lingkungan Pada Anak Tingkat. 2(1), 2350–2354.

Yunus, M., Astuti, I. F., & Khairina, D. M. (2015). Game Edukasi Matematika Untuk Sekolah Dasar. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 10(2), 59. https://doi.org/10.30872/jim.v10i2.192

Diterbitkan

2024-04-06

Terbitan

Bagian

Edisi April Vol 4 No 1 2024
Abstrak viewed = 53 times