IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Kampus mengajar, Kampus merdeka, Km5, MahasiswaAbstrak
Kampus Mengajar merupakan bagian dari program kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama 1 (satu) semester untuk membantu guru dan kepala sekolah SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Kampus Mengajar dibuka sebagai program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus dengan konversi 20 SKS. Laporan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana program kampus mengajar dapat mentransformasi kemampuan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi peserta didik di SD. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. pelaksanaan program ini antara lain meliputi mengajar, adaptasi teknologi, dan administrasi bagi guru dan siswa sekolah yang bersangkutan. Kampus mengajar Angkatan 5 di SD Negeri 99 Seluma, Kecamatan Semidang Alas, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu dilaksanakan oleh lima mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu dan Universitas Bengkulu. Hasil dari program ini meliputi peningkatan pelayanan pendidikan di sekolah tersebut baik dari segi pengajaran, pemanfaatan teknologi, dan administrasi. Dapat disimpulkan bahwa program Kampus mengajar ini memberikan manfaat yang baik bagi semua pihak yang terlibat, baik sekolah, mahasiswa, maupun dosen pembimbing.
Kata Kunci: kampus, mengajar, mahasiswa
Referensi
Aan, W., Saidatul, I., & Kholida, F. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107.
Afan Faizin. (2020). Narrative Research; a Research Design. Jurnal Disastri (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(3), 142–148. https://doi.org/10.33752/disastri.v2i3.1139
Agustin I. N. N. & Supriyono A. (2009). Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Magistra, Vol 21, No 69 (2009): Magistra Edisi Juni, 15. http://journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/view/186
Cahya, O. D., Mumpuni, S. D., & Apriatama, D. (2022). Implementasi Kampus Mengajar Angkatan I Di Sekolah Dasar Implementation Of Kampus Mengajar Batch I. 3(02), 93–99.
Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Penguatan Peran Lembaga Paud Untuk the Programme for International Student Assesment (Pisa). Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 2581–0413.
Jenderal, D., Tinggi, P., Jenderal, D., Vokasi, P., Jenderal, D., Anak, P., Dini, U., Dasar, P., Standar, B., Program, T., Mengajar, K., Program, T., Mengajar, K., Mengajar, P. K., Jenderal, D., Tinggi, P., Pendidikan, K., & Pendidikan, K. (n.d.). Buku Saku Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 5 Tahun 2023.
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Meilia, A. T., & Erlangga, G. (2022). Aktualisasi Program Kampus Mengajar. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 17(2), 120–128.
Nursalam, N., & Suardi, S. (2022). Penguatan Karakter Bernalar Kritis Berbasis Integratif Moral untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Program Kampus Mengajar di Indonesia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(8), 335–342. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i8.15416
Septiadi, M. A., Prawira, N. H., Aepudin, S., & Lestari, V. A. (2022). Dampak Covid-19 Terhadap Sistem Pendidikan. Khazanah Pendidikan Islam, 4(2), 51–61. https://doi.org/10.15575/kp.v4i2.19478