PEMBELAJARAN BAHASA PYTHON DI SMKN 4 BENGKULU SELATAN
Kata Kunci:
Python, Pendidikan, Pembelajaran.Abstrak
Pada era teknologi dan digitalisasi ini, peluang kerja yang membutuhkan keahlian program aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Python sangat besar. Namun, pengenalan program aplikasi Python ini masih terbilang jarang di kalangan anak-anak sekolah. Dengan bantuan kegiatan pengabdian ini, mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dalam bidang pemrograman, khususnya bahasa pemrograman Python, yang akan membantu mereka mengembangkan keterampilannya dan mampu bersaing di dunia kerja dan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tempat pelaksanaan kegiatan di SMA Negeri 4 Bengkulu Selatan. Dalam pengabdian masyarakat, pemecahan masalah dilakukan melalui pelatihan yang meliputi ceramah, diskusi, dan latihan langsung. Tahap pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari tahap persiapan, terdiri dari survei lokasi dan penyusunan modul materi pelatihan Python, serta tahap pelaksanaan pelatihan selama 4 hari. Hasil pelaksanaan kegiatan Kegiatan mendapatkan respon dan antusias dari para peserta dan pengurus sekolah, dimana 70,3% menilai kegiatan berjalan sangat baik. Para peserta memberikan respon positif dan memahami materi yang disampaikan kepada mereka. Antusiasme, pemahaman, dan kemampuan dasar siswa dalam mempelajari bahasa pemrograman Python meningkat berkat proyek pengabdian ini; Sebanyak 64,9% peserta menyatakan pelatihan ini sangat membantu.
Referensi
Amin, A., Arshad, H., dan Mohamad, U. H. (2020). Visualisasi Data E-Commerce Berbasis Augmented Reality. Jurnal Manajemen Teknologi dan Sistem Informasi, 5(19), 104–122.
Waters, B., Dunn, AM, Hofmann, OS, & Witchel, E. (2011). menggunakan modul platform tepercaya untuk menyembunyikan malware. Dalam Prosiding Simposium Keamanan USENIX, Volume 20, halaman 395–410.
Winursito, Y.C., dan A. Fakhri (2024). Pemrograman Python digunakan untuk menganalisis penumpang kapal Titanic menggunakan dataset Titanic. Jurnal Ilmu Kegiatan Mahasiswa, 2(1), 537–542.
Hasibuan, P., Br. Ginting, S. S., Syamfitri, A., Siregar, N. S., & Dahlan, N. A. (2024). Implementasi Penggunaan Aplikasi Meeting Zoom Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Barisan. Mathematical and Data Analytics, 1(1), 31–37.
Hidayatullah, A., & Berliana, A. (2023). Workshop Pengenalan Dasar Pemrograman Python Dengan Google Colaboratory. Prosiding ABDIMAS CORISINDO 2023, 65–70.
Maulida Surbakti, N., Talia, A., Br Perangin-Angin, C., Olivia Nainggolan, D., Devi Friskauly, N., & Ruth Br Tumorang, S. (2024). Penggunaan Bahasa Pemrograman Python dalam Pembelajaran KalkulusFungsi Dua Variabel. Kebumian Dan Angkasa, 2(3), 98–107.
Pulungan, S., Hotma, S., dan Mei, VN (2024). Dengan menggunakan Perangkat Lunak Matematika Sagemath sebagai alat pengajaran, instruktur dapat menilai kemahiran komputasi siswanya. 3.
Industri, ERA & Menghadapi, U. (2024). Jil. 2 Nomor 1 Juni 2024. 2(1), 15–21.
Usman, A.A.H., Muhammad, F., dan Khairan, A. (2022). Pemrograman Python digunakan di komunitas teknologi informasi kota Ternate untuk pelatihan pembelajaran mesin. TRIDARMA: Manajemen Kesehatan Masyarakat (PkM), 5(2), 397–402.
H.Permana (2022). Siswa SMK Ciracas menerima pengajaran pemrograman Python dalam pengolahan dan visualisasi data. Jurnal Pengabdian Masyarakat Terapan, Mitra Teras, 1(2), 59–66.
A. M. Priyatno, F. I. Firmanda, R. J. Farhas, F. Amalia, & W. F. R. Sudirman (2023). PT Ilmu Data Indonesia menawarkan pelatihan ilmu data berbasis bahasa pemrograman Python. Jurnal Dedikasi Pendidikan Masyarakat dan Teknologi, 1(1), 31–36, didedikasikan untuk hal ini.
Rahman, S., Puspadini, R., Gusti Prahmana, I., Rahman, S., Sembiring, A., Siregar, D., Khair, H., & Zen, M. (2023). Dasar-Dasar Dan Pemrograman Dengan Python Berorientasi Objek. Media Tahta Penerbit.
Fahrurrozi, F., Kharisma, L.P.I., dan Rizal, A.A. (2021). Meningkatkan Efektivitas Pemrograman dengan Python untuk Pelatihan Data Science Bagi Komunitas Pemrograman Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan Anjani. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), Jurnal Widya Laksmi, 13–19.
Tokoh Muhammad, Runimeirati, Abdul Muis, & (2023). Instruksi Pemrograman Python untuk Penambangan Teks. 3(1) Abdimas Langkanae, 36–46.
Setting, AP, Making, SRM, dan Patty, ENS (2024). Pengaruh AI terhadap Pendidikan di Sekolah Menengah. Jurnal Intelektual Indo-MathEdu, 5(1), 680–684.
Pada tahun 2023, Triono, A., Budi, A.S., dan Abdillah, R. Penggunaan pemrograman Python untuk mengimplementasikan peretasan kata sandi Vigenere Chipper. Jurnal Sains Informatika dan Robotika, Jurnal JOCOTIS, 1(1), 1–9.
Hendi, Gading, F.R.N., Wati, M., Hatta, H.R., Bahtiar, A.A., Ervan, M.G.K., Nuzulan, A., & Sembiring, W.H.S. (2023). Dalam upaya untuk membangkitkan minat siswa terhadap bidang informatika, diberikan pengajaran dasar pemrograman Python. Inovasi Teknologi Masyarakat (INTEKMAS), 1(2), 46–51.