OPTIMALISASI LITERASI SISWA SD MUHAMMADIYAH 2 KOTA BENGKULU

Penulis

  • Zico marnaek Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Tasya Tasya Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mahdijaya Mahdijaya Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eli Rustinar Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ira Yuniarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ade Wahyu Rahmanzah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i1.3089

Abstrak

 

Pemberdayaan masyarakat adalah upaya membantu masyarakat lokal dalam merencsiswaan, mengidentifikasi, dan mengelola sumber daya yang tersedia bagi mereka untuk pada akhirnya mencapai keberlanjutan dan kemandirian ekonomi, ekologi dan masyarakat. Adanya pemberdayaan masyarakat akan mampu memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengekspresikan ciri-ciri masyarakat yang konstruktif. Sampai sekarang, preferensi untuk sedikit membaca tetap menjadi tugas yang belum terpecahkan. Berbagai program telah dilakukan untuk mencari solusi terbaik. Hal ini dikarenakan minat baca tidak selalu tinggi. Situasi yang berbeda juga berpengaruh. Memberikan buku sesuai usia atau memaksa siswa membaca buku yang tidak mereka minati dapat secara langsung memengaruhi suasana hati siswa. Kecintaan membaca yang ditumbuhkan sejak dini dapat menjadi landasan bagi berkembangnya budaya membaca di kemudian hari. Kualitas membaca siswa sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan akademik dan kehidupannya. Dengan kondisi yang demikian, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mampu menawarkan dan menghadirkan kegiatan-kegiatan menarik yang bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan membaca pada siswa dengan meningkatkan kemampuan literasi khususnya melalui literasi informasi melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

Kata Kunci: pengabdian, minat, siswa

Referensi

Asari, Tohir, Valentino, Imron, Taufiq., (2016), Matematika: Buku Guru. Kemendikbud, Jakarta

Krisnawati, A., & Farid Ma’ruf, M. (2016). Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Konsep Pertanian Perkotaan (Urban Farming) (Studi Pada Kelompok Tani Elok Mekar Sari Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya). Publika, 4(4), 1–11.

Maharani, O. D. (2017). Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p320-328

Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1(2), 88. https://doi.org/10.2307/257670.Poerwanto.

Rahayu, L. T. I. (2016). Hubungan Minat Membaca dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Materi Menulis Karangan Pada Warga Belajar Kejar Paket C Di PKBM Al-Firdauz Kabupaten Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(2), 188–201.

Sulistyo Seti Utami, B. K. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PENGGUNAAN E-MONEY (Studi pada Mahasiswa STIE Ahmad Dahlan Jakarta). Balance, XIV(2), 29–41.

Yunianika, I. T., & . S. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 507. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331

Diterbitkan

2022-04-20

Terbitan

Bagian

Edisi Januari Vol 2 No 1 2022
Abstrak viewed = 125 times