SOSIALISASI TENTANG STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM SIKAT SEPATU BENGKULU
Keywords:
strategi, pemasaran, umkm.Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan dampak sosialisasi tentang peningkatan kapasitas usaha dan penguatnya pada UMKM Sikat Sepatu di Bengkulu. Kegiatan sosialisasi difokuskan pada peningkatan pemahaman manajemen usaha, strategi pemasaran digital, dan pengelolaan keuangan. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi interaktif, simulasi, serta pendampingan teknis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi memberikan dampak positif berupa peningkatan efisiensi operasional. Selain itu, penggunaan teknologi pemasaran melalui media sosial terbukti membantu UMKM dalam memperluas jangkauan pasar. Disarankan agar pendampingan teknis diperpanjang dan pelatihan lanjutan diberikan, terutama dalam manajemen keuangan dan pengelolaan stok. Akses terhadap modal dan teknologi juga perlu ditingkatkan melalui kolaborasi dengan lembaga keuangan dan pemerintah daerah.
References
Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.3 7122
Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, I., Agustini, I. G. A. A., Yudawisastra, H. G., Maknunah, L. U., Amaria, H., Witi, F. L., Nuryanti, N., & Sudirman, A. (2022). Kewirausahaan Umkm Di Era Digital. In Cv Widina Media Utama.
Syardiansah, S. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1. 915
Yuli Rahmini Suci. (2008). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. UU No. 20 Tahun 2008, 1, 1–31.