SOSIALISASI PEMANFAATAN BARANG BEKAS MENJADI KERAJINAN YANG BERNILAI UNTUK MENINGKATKAN NILAI GUNA EKONOMI KREATIF DI SMP N 04 KEPAHIANG
Keywords:
barang bekas, kerajinan, kreatif, sosialisasi, wirausaha.Abstract
Kegiatan sosialisasi pemanfaatan barang bekas menjadi kerajinan yang bernilai di SMP Negeri 04 Kepahiang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan siswa dalam mengolah barang bekas menjadi produk yang bernilai ekonomi. Program ini dilakukan sebagai upaya untuk mendorong pengembangan ekonomi kreatif di kalangan siswa sekaligus mengurangi limbah yang dihasilkan dari barang-barang yang tidak terpakai. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan, demonstrasi, dan praktek langsung membuat kerajinan dari barang bekas seperti botol plastik, kertas, dan kain perca. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa mampu menghasilkan produk kerajinan yang kreatif dan layak jual. Selain itu, program ini juga memberikan dampak positif dalam menumbuhkan jiwa wirausaha serta kesadaran lingkungan di kalangan siswa. Dengan demikian, pemanfaatan barang bekas sebagai kerajinan bernilai tidak hanya memberikan nilai guna ekonomi, tetapi juga mendukung pengembangan karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan.
References
Adinugraha, H. H., & Widyawati, F. (2018). Daur Ulang Kreatif: Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Produk Bernilai Ekonomis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Haryanto, A. (2017). "Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Kerajinan dari Barang Bekas untuk Mendukung Pendidikan
Berbasis Lingkungan." Jurnal Pendidikan Kreatif, 9(2), 45-60.
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. (2020). Panduan Daur Ulang Sampah dan Pemanfaatan Barang Bekas untuk Masyarakat. Jakarta: KLHK.
Permana, D., & Anwar, M. (2019). "Peran Kerajinan Tangan dari Barang Bekas dalam Mendukung Ekonomi Kreatif Masyarakat." Jurnal Ekonomi Kreatif dan Inovasi, 3(1), 12-24.
Puspitasari, R. (2021). "Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk Kreatif Berbasis Ekonomi Kreatif di Sekolah Menengah Pertama." Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Ekologi, 11(4), 88-95.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarni, N. (2020). Ekonomi Kreatif Berbasis Lingkungan: Inovasi Produk dari Barang Bekas. Yogyakarta: Deepublish.
Susanto, H. (2016). "Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Melalui Pelatihan Kerajinan dari Barang Bekas di Kalangan Siswa." Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 22-36.