STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KREATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fadhila Suhaimi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yetman Erwadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Keywords:

Strategi Kontekstual, Edukatif, Interakti.

Abstract

Tujuan dari Program Pengabdian masyarakat ini adalah untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Siswa SD Negeri 80 Desa Guru Agung, dengan beberapa Strategi Pembelajaran Matematika Kreatif, diantaranya menggunakan strategi (1) Pendekatan Kontekstual yaitu Aplikasi Dunia Nyata: mengaitkan materi matematika dengan situasi sehari-hari, seperti berbelanja, memasak, atau merencanakan perjalanan. (2) Permainan edukatif ; Problem Solving: mengajarkan siswa untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang kreatif, mendorong mereka untuk berpikir kritis dan mencoba berbagai pendekatan. (3) Aktvitas interaktif ; Games Matematis: menggunakan permainan papan, kartu, atau aplikasi digital yang berfokus pada matematika untuk membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. .Dari hasil strategi yang digunakan tersebut pembelajaran kreatif meningkatkan efektivitas minat belajar matematika pada siswa kelas 4 SD Negeri 80 Desa Guru Agung, yang dapat melatih pola pikir, dengan terlatihnya pola pikir maka siswa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah serta melatih aktifitas mental untuk memahami arti dari hubungan dan simbol-simbol yang terkandung dalam matematika secara sistematik, cermat dan tepat, kemudian menerapkan konsep-konsep yang dihasilkan untuk memecahkan masalah dalam berbagai hal/ keadaan/situasi nyata.

References

Andita, Cahyo Dwi, and Taufina Taufina. 2020. “Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(3):541–50. doi: 10.31004/basicedu.v4i3.397.

Ariani, Dessy Noor. 2017. “Strategi Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD/MI.” Muamullimuna 3(1):96–107.

Astuti, Astuti et al. 2020. “Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Musamus Journal of Primary Education 3(1):27–34. doi: 10.35724/musjpe.v3i1.3117.

Caron, Justin, and James R. Markusen. 2016. “済無No Title No Title No Title.” 5(5):1–23.

Harsiwi, Udi Budi, and Liss Dyah Dewi Arini. 2020. “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(4):1104–13. doi: 10.31004/basicedu.v4i4.505.

Manurung, Alberth Supriyanto et al. 2020. “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(4):1274–90. doi: 10.31004/basicedu.v4i4.544.

Nisa Maghfiroh, Alifia et al. 2024. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Griya Journal of Mathematics Education and Application 4(1):55–64. doi: 10.29303/griya.v4i1.429.

Nurfadhillah, Septy et al. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Melalui Aplikasi Quiziz Pada Pelajaran Matematika Vi Sdn Karang Tengah 06.” PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3(2):280–96.

Puspita, Mita et al. 2018. “Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning.” Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi 1(1):120. doi: 10.31764/justek.v1i1.416.

Downloads

Published

2025-04-11

Issue

Section

Edisi April Vol 5 No 1 2025
Abstract viewed = 0 times