PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DI DESA KARYA PELITA KABUPATEN BENGKULU UTARA

Authors

  • Wahyu Setyo Utomo Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hafiz Gunawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Kashardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Keywords:

Pendampingan belajar, bilangan cacah

Abstract

Salah satu program kerja Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Bengkulu Tahun 2024 adalah melakukan pendampingan belajar bagi siswa sekolah dasar. SDN 216 Bengkulu Utara adalah lokasi kegiatan tersebut. Melalui Kuliah Kerja Nyata, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman hidup sosial dan menerapkan pengetahuan akademik mereka. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di Kuliah Kerja Nyata melakukan program kerja wajib, bimbingan belajar pada anak-anak tingkat Sekolah Dasar, untuk meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar, khususnya matematika. Dengan demikian, mereka dapat mengenalkan matematika pada tingkat Sekolah Dasar dengan cara yang tidak terlalu rumit. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah pendampingan belajar pada anak-anak, edukasi pada anak-anak tingkat Sekolah Dasar. Kegiatan ini dapat memberikan dampak positif pada bagaimana anak-anak di Desa Karya Pelita belajar memahami matematika. Menurut hasil penelitian, anak-anak di Sekolah Dasar telah menguasai materi yang telah mereka pelajari sebelumnya.

References

Abidin, Z. (2006). Layanan Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar. Insania : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 11(1), 34–48. Https://Doi.Org/10.24090/Insania.V11i1.95

Agustina, S., Jumri, R., Ramadianti, W., & Asmara, A. (2023). Pendampingan Persiapan Lcts Tingkat Kecamatan Bagi Siswa Smp Negeri 25 Bengkulu Utara. 4(6), 13684–13689.

Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2), 159–170. Http://Ojs.Unpkediri.Ac.Id/Index.Php/Matematika/Article/View/235

Mayori, M., Ramadianti, W., Jumri, R., & ... (2023). Bimbingan Belajar Matematika Siswa Sd Pada Materi Pecahan Di Kelurahan Penurunan. … Kuliah Kerja Nyata …, 28–32. Http://Jurnal.Umb.Ac.Id/Index.Php/Jimakukerta/Article/View/4081%0ahttp://Jurnal.Umb.Ac.Id/Index.Php/Jimakukerta/Article/Download/4081/3244

Rawa, N. R., Wewe, M., Wangge, M. C. T., Meo, V., Gelo, O., Kosu, M. B. P., & Ngina, M. Y. (2021). Pendampingan Bimbingan Belajar Matematika Berbantuan Alat Peraga Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Kelurahan Mataloko. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(2), 192–199. Https://Doi.Org/10.38048/Jailcb.V2i2.392

Riyanti, B., & Sudarmawanti, E. (2019). Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Earning Response Coefficient Dengan Kualitas Audit Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ecodunamika , 2(2), 1–11. Https://Ejournal.Uksw.Edu/Ecodunamika/Article/View/2652

Untari, E. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Media Prestasi Jurnal Ilmiah Stkip Pgri Ngawi, 13(1), 2.

Wilianggi, P., Riwayati, S., Jumri, R., Ramadianti, W., Ariani, N. M., & Risnaosanti. (2022). Penggunaan Alat Peraga Bangun Datar Segiempat Pada Pembelajaran Matematika Kelas Iv Di Sdn 190 Bengkulu Utara24.

Downloads

Published

2025-08-09

Issue

Section

Edisi Agustus Vol 5 No 2 2025
Abstract viewed = 0 times