PENANAMAN NILAI MORAL SEMANGAT SEKOLAH DARI FILM “DITIMUR MATAHARI” PADA SDN 02 PENARIK KABUPATEN MUKOMUKO
DOI:
https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v3i3.6037Keywords:
media, nilai moral, film “di timur matahariAbstract
Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia untuk menaikkan derajat dan harkat dalam kehidupan. Dengan dimulai dari pendidikan yang bersifat akademis maupun penanaman moral yang baik. Dalam hal ini penanaman moral bisa didapatkan dengan banyak metode salah satunya dengan sarana media karya seni film Film. Film yang bertemakan “Di Timur Matahari”memiliki alur cerita yang kaya akan prinsip moral. Hal ini yang menjadi daya tarik penulis untuk menanamkan nilai moral dan karakter melalui media yang diterapkan pada salah satu kelas di Sekolah Dasar Negeri 02 Penarik, Kabupaten Mukomuko. Program kerja ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara jelas melalui audio visual yang dilihat oleh peserta didik tentang nilai moral dan semangat dalam bersekolah, sebagaimana gambaran dalam film tersebut terkait pendidikan yang terjadi di ujung wilayah Papua. Metode penyampaian ini dengan memberikan tontotan kepada peserta didik sehingga antusias dalam memperhatikan objek film yang kemudian diberikan pandangan intisari serta nilai-nilai moral yang terkandung dalam film tersebut. Hasilnya banyak peserta didik yang antusias dan dapat menyimpulkan apa yang mereka saksikan dengan indeks keaktifam didalam kelas mencapai 85% peserta didik faham akan nilai-nilai moral yang terkandung dalam penjelasan film yang menekankan pentingnya ketekunan dan semangat belajar, keagamaan, cinta damai, tanggung jawab sosial, cinta tanah air, persahabatan dan toleransi, serta pemahaman peserta bagaimana mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari..
References
Payuyasa, I. N. (2020). Perdamaian Dari Film “Di Timur Matahari”: Analisis Nilai Pendidikan Karakter. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8, 155–172. https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/stilistika/article/view/765.
Sigit Owi Kusrahmadi. (2007). PENTINGNY A PENDIDIKAN MORAL BAGI ANAK SEKOLAH DASAR Oleh: Sigit Owi Kusrahmadi7. 1, 118–130.
Supinah., & Parmi, I. T. (2011). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Matematika di SD. Kementrian Pendidikan Nasional, 50.
Syalim, S. (2012). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF.pdf.
Taher, A., Bimbingan, J., Tarbiyah, F., Larry, P., Nucci, P., & Narvaez, D. (2008). Pendidikan Moral Dan Karakter : Sebuah Panduan. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 14(2), 545–558.