EDUKASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YANG EFEKTIF BAGI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 50 SAWAH LEBAR BARU

Authors

  • Tegar Al Fathan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rifa’i Rifa’i Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v3i3.6034

Keywords:

media sosial, pembelajaran, teknologi

Abstract

SDN 50 adalah sebuah sekolah yang terletak di Kelurahan Sawah Lebar Baru. Sekolah ini memiliki total 141 siswa laki-laki, 142 siswa perempuan, dan diisi oleh 15 guru yang berkualitas. Posisi sekolah ini dianggap strategis karena menarik banyak siswa dan memiliki staf pengajar yang kompeten.Pemanfaatan teknologi informasi saat ini memiliki dampak signifikan terhadap sektor pendidikan. Melalui observasi, penulis menyadari bahwa siswa SD Negeri No. 50 Sawah Lebar Baru masih memiliki keterbatasan dalam penggunaan media sosial yang efektif. Sebagai tindak lanjut atas hal ini, penulis melakukan pengabdian dengan memberikan pemahaman tentang penggunaan media sosial yang benar kepada siswa kelas enam (6) di SD Negeri No. 50 Sawah Lebar Baru. Materi pelatihan mencakup cara menggunakan media sosial secara positif. Pengabdian ini dilaksanakan selama tiga (3) hari, yaitu pada tanggal 4, 7, dan 8 Agustus 2023. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa kelas 6 di SD Negeri 50 Sawah Lebar Baru dalam menggunakan media sosial dengan benar dan efektif.

 

 

References

Adilla, Nurul, Rifqa Amalia Zuhri, and Syafira Elvina. 2023. “Implementasi Penggunaan Media Sosial Instragram Dalam Perpustakaan Perguruan Tinggi.” Sci-Tech Journal 2:217.

Dwijayanti, Andina, Rita Komalasari, Budi Harto, Puji Pramesti, and M. Wildan Alfaridzi. 2022. “Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Dan Pemasaran Pada UMKM Sablon Anggi Screen Di Era Digital.” Ikra-Ith Abdimas 6(2):68–75. doi: 10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2408.

Hanifah, A., and M. Feizal. 2022. “Bangun Sistem Informasi Perkembangan Akademik Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Berbasis Web Pada Satuan Paud Sejenis (Sps) ….” OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer Dan … 1(07):997–1006.

Hariguna, Taqwa, Berlilana, and Retno Waluyo. 2023. “Sosialisasi Etika Penggunaan Media Sosial Untuk Mencegah Bullying Pada Siswa MTs Ushriyyah Purbalingga.” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2):107–13. doi: 10.34306/adimas.v3i2.865.

Marchellia, Roro Irene Ayu Cahyaning, and Chontina Siahaan. 2022. “Penggunaan Media Sosial Dalam Hubungan Pertemanan.” JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 11(1):1–7. doi: 10.33366/jisip.v11i1.2357.

Ririn, Julianti. 2022. “Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Anak Dalam Menghadapi Pekembangan Teknologi.” (December):2.

Rosyidah, aulia nurul, and Ismeirita. 2023. “Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Pendidikan 9(1):34–44.

Siregar, Asrul. 2022. “Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pendidikan.” EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan 5(4):389–408. doi: 10.47006/er.v5i4.12936.

Downloads

Published

2023-12-03

Issue

Section

Edisi Desember Vol 3 No 3 2023
Abstract viewed = 74 times