PENTINGNYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA SMP NEGERI 21 DENGAN BELAJAR PUBLIC SPEAKING DI KELURAHAN PANORAMA KECAMATAN SINGARANPATI KOTA BENGKULU

Authors

  • Wita Rahmadanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nasral Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mega Sari Apriniarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Apriza Fitriani Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Keywords:

Percaya Diri, Public Speaking, Siswa.

Abstract

Tujuan kegiatan ini yakni meningkatkan rasa percaya diri siswa dengan belajar publicc speaking. Metode yang digunakan adalah pengabdian masyarakat dengan perencanaan pembelajaran melalui tiga tahap pendahuluan, inti dan penutup. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa melaksanakan pembelajaran public speaking. Kegiatan pembelajaran terdiri dari tiga tahap yakni pendahuluan berupa awal pembelajaran dengan cara memberikan salam, menanyakan keadaan dan absensi. Pada kegiatan inti, mahasiswa KKN menyampaikan materi public speaking kepada siswa dengan berbagai metode dan media. Terakhir mahasiswa menutup kegiatan dengan menyimpulkan materi dan mengevaluasi belajar siswa. Kemudian mahasiswa KKN meminta siswa untuk membuat pidato singkat. Terlihat pada program kegiatan ini berjalan baik yakni siswa yang antusias untuk belajar dan mampu menanamkan rasa percaya diri akan kemampuan berbicara.

References

Adi Prasetyo, Hazmin, G., Muchran, M., & Nugroho, G. S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Public Speaking untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi di Depan Umum. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 192–198. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.51 633

Ayuningtyas, F., Wahyuningratna, R. N., Hakim, L., Istiyanto, S. B., & Prihatiningsih, W. (2023). Pelatihan Public Speaking Bagi Remaja Sebagai Bentuk Aktualisasi Bela Negara. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(4), 646–661. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i3.1 813

Fahmi Abdulah, M., Surtiah, I., Santa, R., & Ginanjar, S. E. (2022). Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa Smp Ypu Bandung Melalui Kegiatan Public Speaking. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Adi Dharma), 1(1), 21–26. https://doi.org/10.58268/adidharma.v 1i1.20

Fatikah, S. I., Fathin, N., Afsharina, N., & Suryandari, M. (2023). Memperkuat Kepercayaan Diri dalam Public speaking dan Mengembangan Karakter melalui Storytelling. Jurnal Inovasi Dan Humaniora, 1(4), 672–678.

Fitria, R. A. (2022). Pelatihan Public speaking Untuk Menciptakan Komunikasi Efektif Pada Siswa SMKN 49 Jakarta Utara. Ikraith- Abdimas, 5(1), 1–5.

Hartini, S., & Chumaeson, W. (2021). Peningkatan Rasa Percaya Diri Melaui Pelatihan Public Speaking pada Siswa SMK N I Selo Boyolali. Senyum Boyolali, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.36596/sb.v2i1.572

Hasyim, M., & Irwan, D. W. (2014). Pelatihan Public Speaking Pada Remaja Dan Anak-Anak Dusun Puluhan, Desa Banyusidi, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 3(2), 96–100.

Hayati, S., Marhayani, D. A., & Basith, A. (2024). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Public Speaking Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 94 Singkawang. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 9(2), 61–66.

Johansyah, O. N. P., Manda, D., Sulmiah, Aina, A. N., & Dody, H. (2024). Express Yourself! Pelatihan Public Speaking untuk Remaja di SMP Cokroaminoto Tamalanrea Makassar. Jurnal SIPAKATAU, 1(4), 89–95.

Kuntoro, T., Sentausa, Y. R. Y., Rosmawanti, R., Rizqiyani, Y., Hamidah, A., Ariyanti, D. S., & Hadi,

M. S. (2022). Studi Literatur: Public Speaking Membangun Kepercayaan Diri Peserta Didik. TEACHER: Jurnal Inovasi Karya IlmiH Guru, 2(4), 455–460.

Mansur, W., Laeli Qadrianti, Harmilawati, St. Rahmaniah Bahrun, Melati, R., & Sabaruddin. (2022). Pelatihan Public Speaking di SMP Negeri 11 Sinjai. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 34–37. https://doi.org/10.47435/pendimas.v1i 2.956

Maya Kasmita, Ririn Nurfaathirany Hery, Rohmah Rifani, Muh. Rizal S, Asmunandar, A., Muhammad Aswan, & Firman Umar. (2023). Pelatihan Public Speaking Membangun Kepercayaan Diri Dan Berbicara Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Telkom Makassar. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 44–446. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2. 1721

Panjaitan, C. J., Wahidah, Soraya, D., Adelia, M., Syahputri, R. R., Ulhusna, R., Siregar, N. H., & Masyitah, N. (2024). Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Media Wayang Kertas. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 27–37. https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.1 82

Paputungan, F. (2023). Implementasi KKN sebagai Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat sesuai dengan Bidang Ilmu. Media Online) Journal of Education and Culture (JEaC), 3(1), 2986–1012.

Putri, A. D., Ohan, M., Madhani, K. F., Rosa, H., & Ramadan, M. R. (2023). Pelatihan Dasar Public Speaking Siswa MTs Ikhwatul Iman 2 Desa Cihaur Kecamatan Simpenan. Al- Khidmah, 1(September), 73–83.

Syardiansah. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1. 915

Syazali, M., Olivia, N., & Sobri, M. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Public Speaking. El- Hikam: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keagamaan, XVI(1), 71–82.

Wiratama, N. S. (2021). Kemampuan Public Speaking Dalam Pembelajaran Sejarah. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1), 1–14.

Downloads

Published

2024-12-14

Issue

Section

Edisi Desember Vol 4 No 3 2024
Abstract viewed = 0 times