PEMBIMBINGAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 25 BENGKULU SELATAN DESA GUNUNG SAKTI KECAMATAN MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.4280Abstract
Desa Gunung Sakti yang berlokasikan di kecamatan manna kabupaten Bengkulu selatan. Didalam Desa Gunung sakti ada sebuah sekolah dasar tempat anak-anak dari 3 buah desa mengeyam pendidikan yaitu Sekolah Negeri 25 Bengkulu Selatan. Pada sekolah dasar tersebut adapun permasalahan yang dihadapi oleh siswa dan guru ialah 1). Adanya perubahan karakter yang kurang baik pada anak kemungkinan diakibatkan oleh lingkungan pergaulan diluar sekolah mereka, 2). Adanya kecenderungan pengaruh globalisasi yang berdampak negatif. Maka dari itu kami selaku mahasiswa dalam rangka melakukan kegiatan kuliah kerja nyata harus berinisiatif dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, kami dari melakukan kegiatan bimbingan belajar pada sekolah dasar tersebut dimana kegiatan belajar tersebut yaitu memberikan pemahaman nilai-nilai Pancasila di sekolah dasar negeri 25 bengkulu selatan. Metode yang kami gunakan dalam melakukan kegiatan ini dengan dua metode yang pertama metode bimbingan didalam kelas dengan memberikan pemahaman materi kepada anak-anak kemudian yang kedua kami melakukan bimbingan yang bersifat praktik kepada anak-anak dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila tersebut. Tujuan dari pemahaman nilai-nilai Pancasila ini untuk memberikan pengetahuan terhadap anak-anak dan memberikan perubahan karakter terhadap anak-anak dilingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat.
Kata Kunci: nilai-nilai Pancasila, karakter Pancasila, pemahaman nilai Pancasila
References
Arifin, R. and Lestari, L. E. (2019) ‘Penegakan Dan Perlindungan Hak Asasi Manusia Di Indonesia Dalam Konteks Implementasi Sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab’, Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 5(2), p. 12. doi: 10.23887/jkh.v5i2.16497.
Astuti, R. P. et al. (2022) ‘PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR DIRUMAH DI MASA PANDEMI DESA PURBOSARI’, Jimakukerta, pp. 182–186.
Dewi, D. A. and Pratiwi, E. F. (2021) ‘Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Urgensi Memahami dan Mengimplementasikan Nilai Pancasila di Era’, Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 1(7), pp. 1–7.
Dian Angraini Kusumajati, Rina Patriana Chairiyani, N. T. M. (2021) ‘Pengaruh Internalisasi Nilai Pancasila Sila Ketiga Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Perilaku Kerjasama pada Mahasiswa di Universitas Bina Nusantara’, 5(1), pp. 21–27.
Dwiputri, F. A. and Anggraeni, D. (2021) ‘Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), pp. 1267–1273. Available at:
file:///C:/Users/Acer/Downloads/10 97-Article Text-2199-1-10- 20210428.pdf.
Hanafi (2018) ‘Hakekat Nilai Persatuan Dalam Konteks Indonesia’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), pp. 56–63.
Juniarti, I. G., Furnamasari, Y. F. and Dewi, D. A. (2021) ‘Implementasi Nilai- nilai yang terdapat pada Sila Kedua Pancasila Terhadap Kehidupan Bangsa’, 5, pp. 7273–7277.
Kabaih, H. et al. (2022) ‘Program Aktualisasi Nilai Pancasila Sila Pertama di Lingkungan Anak- anak’, AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(06), pp. 699–705.
Khoiriah, I. ayu (2019) ‘MEMAHAMI NILAI-NILAI PANCASILA DAN PENERAPANNYA’, (15).
Lestari, P. and Cahyono, H. (2020) ‘Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Sila Kelima’, 7(2), pp. 130–144.
Rosida Kerin Meirani, Imron Arifin, Juharianto, M. Y. H. (2022) ‘Society 5 . 0 : Urgensi Penanaman Nilai-Nilai Sila Pertama Pancasila pada Anak Usia Dini’, pp. 0–5.
Syafitri, M. A. and Dewi, D. A. (2021) ‘Implementasi Nilai Pancasila Sila Keempat pada Anak Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, pp. 7684–7692. Available at: https://jptam.org/index.php/jptam/a rticle/view/2211.