EDUKASI BERHITUNG MATEMATIKA PADA ANAK-ANAK TK TUNAS HARAPAN KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.4221Abstract
TK Tunas Harapan adalah sekolah yang terletak di kelurahan sawah lebar dimana posisinya yang strategis sehingga sekolah ini memiliki banyak anak murid serta mempunyai guru-guru yang berkualitas. Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditunjukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pada usia pra sekolah anak-anak sudah dikenalkan operasi dasar bilangan matematika, diantaranya yang sangat familiar adalah penjumlahan dan pengurangan. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan edukasi pada anak-anak TK mengenai cara mengoperasikan penjumlahan dan penguranagn. Untuk dapat mengenalkan operasi dasar matematika pada tingkat anak usia dini tidaklah mudah, dibutuhkan banyak metode-metode agar anak dapat dengan mudah untuk menerima dan memahami makna dari operasi yang sedang dilaksanakannya. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah pendampingan terhadap anak dan edukasi kapada anak-anak. Hasil edukasi menunjukkan bahwa telah diperoleh 50% anak TK Tunas Harapan sudah menguasai operasi penjumlahan dan pengurangan.
Kata Kunci: anak usia dini, kemampuan berhitung, pembelajaran
References
Anwar, R. B. (2011). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Anak Usia Dini. Guidena, 1(1).
Aisyah, Siti.2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
R. Dan Ninik Yuliani, R. I. K. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Bowling Kaleng. Universum, 10(1), 65–71. https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.224
Mutia, P. A., & Ismet, S. (2019). Pembelajaran Komputer Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Telkom Padang. Generasi Emas, 2(1), 1. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3294
Undang-Undang No 20 Tahun 2003, 2003. (2003). Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Sistem Pendidikan Nasional, 14. https://jdihn.go.id/files/4/2003uu020.pdf
Yunus, M., Astuti, I. F., & Khairina, D. M. (2015). Game Edukasi Matematika Untuk Sekolah Dasar. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 10(2), 59. https://doi.org/10.30872/jim.v10i2.192
Sufa, Feri Faila dan Heri Yuli Setiawan. 2017. “Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini Usia 4-6 Tahun Pada Pembelajaran Berbasis Komputer Anak Usia Dini” dalam Research Fair Unisri 2017: Jurnal Universitas Slamet Riyadi Surakarta Volume 1 Nomor 1, Maret 2017 (hlm. 13-31).
Montessori, Maria. 2008. The Absorbent Mind (Pikiran yang Mudah Menyerap). Yogyakarta: Pustaka Pelajar