PROGRAM KERJA PERANGKAT DESA GUNUNG AGUNG DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK PADA MASYARAKAT DESA GUNUNG AGUNG KECAMATAN LUBUK SANDI KABUPATEN SELUMA
Keywords:
Program kerja, Perangkat desa, Pelayanan publik, Masyarakat.Abstract
Pelayanan publik merupakan layanan yang diberikan oleh pemerintah kepada Masyarakat dengan tujuan memenuhi kebutuhan dasar Masyarakat. Sedangkan, pelayanan publik di desa adalah layanan yang diberikan oleh pemerintah desa kepada Masyarakat di wilayah des, pelayanan publik desa mencakup berbagai jenis layanan seperti Pendidikan, Kesehatan, infrastruktur jalan, Listrik, air bersih, dan program-program sosial lainnya. Dalam penelitian ini, penulis mengadopsi metode penelitian deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan dan menganalisis fenomena yang terjadi dalam konteks yang realistis dan aktual. Dalam penelitian deskriptif kuyantitatif, data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan teknik-teknik statistik untuk memberikan hasil. Peran pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik di desa sangat krusial. Pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah desa Gunung Agung Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma, memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan Masyarakat di desa Gunung Agung, meningkatkan kualitas hidup Masyarakat, dan mempercepat Pembangunan desa. Dalam Upaya memenuhi tujuan tersebut, pemerintah desa Gunung Agung harus memberikan pelayanan yang efektif, efisien, dan berkualitas kepada Masyarakat desa Gunung Agung.
References
Ali, K. (2020). TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA PEMATANG JOHAR. ISSN (P): 1829-7463 ISSN (E) : 2716-3083, 14, 564–584.
Bantun, S., Sari, J. Y., Z, N., Syahrul, S., & Budiman, A. (2021). Digitalisasi Pelayanan Publik Desa Palewai Dengan Sistem Informasi Desa. INFORMAL: Informatics Journal, 6(3), 160.
Endah, K., & Vestikowati, E. (2021). Birokrasi Pemerintahan Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Jurnal MODERAT, 7(3), 648.
Heryanto Monoarfa. (2022). Efektivitas dan Efisiensi Penyelenggaraan Pelayanan Publik: Suatu Tinjauan Kinerja Lembaga Pemerintahan. Jurnal Pelangi Ilmu, 5(1), 1–9.
Mohi, W. K., & Mahmud, I. (2018). Kualitas Pelayanan Publik di Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Publik : (Jurnal Ilmu Administrasi), 6(2), 102.
Ramadhan, R. (2024). in Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Saraq Opat: Jurnal Administrasi Publik, 6(1), 55–67.
Riska Chyntia Dewi, & Suparno Suparno. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 7(1), 78–90.
Wahidmurni. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF. 14(1), 55–64.