MEMBANGUN SEMANGAT GOTONG ROYONG, EDUKASI MANFAAT MENABUNG SEJAK DINI,EDUKASI TEKNOLOGI INDUSTRI 4.0 DAN BIMBINGAN BELAJAR DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i2.2664Abstract
Pemberdayaan kepada masyarakat merupakan bagian dari sistem pendidikan tinggi termasuk perguruan tinggi Islam yang termasuk dalam tridharma perguruan tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian dan pemberdayaan kepada masyarakat. Untuk itu, Service Model 2021 akan dilaksanakan dengan mempertimbangkan relevansi pendidikan tinggi dengan realitas saat ini. Salah satu pertimbangan relevansi perguruan tinggi yaitu ada kaitanya dengan kaum muda. Desa harapan merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah dan provinsi Bengkulu. Batas wilayah desa harapan sebelah timur yaitu desa talang pauh, sebelah barat berbatas dengan samudera hindia, sebelah selatan berbatas dengan desa pal VII pondok kelapa, sebelah utara berbatas dengan desa pondok kelapa. Desa harapan merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah dan provinsi Bengkulu. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini diadakan demi menjadikan mahasiswa yang bukan hanya terfokus ke materi saja namun juga mendapatkan pelajaran langsung dalam kehidupan masyarakat. Mahasiswa juga diharapkan dapat membantu kegiatan masyarakat dengan program kerja yang telah disusun. Kegiatan Kuliah kerja Nyata ini mengajarkan mahasiswa bagaimana kehidupan masyarakat dan belajar bagaimana menjadi masyarakat yang baik kedepannya.
Kata Kunci: pemberdayaan, warga, desa
References
Krisnawati, A., & Farid Ma’ruf, M. (2016). Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Konsep Pertanian Perkotaan (Urban Farming) (Studi Pada Kelompok Tani Elok Mekar Sari Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya). Publika, 4(4), 1–11.
Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1(2), 88. https://doi.org/10.2307/257670.Poerwanto.
Ukkas, I. (2017). Pengembangan SDM Berbasis Pelatihan Keterampilan Dan Pemberdayaan Pemuda. Prosiding Seminar Nasional, 03(1), 120–125. https://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/830/0