SIMULASI TOKO MINI SEBAGAI MEDIA EDUKASI KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA/I SDN 07 KOTA BENGKULU DALAM PROGRAM KKN MAHASISWA MANAJEMEN

Authors

  • Nopriadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Reni Indriani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Tezar Arianto Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Khairul Bahrun Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Solehan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Keywords:

KKN, simulasi toko mini, kewirausahaan, siswa sekolah dasar, literasi ekonomi.

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang dirancang untuk menghubungkan wawasan akademik dengan pengalaman praktik. Melalui program Simulasi Toko Mini di SDN 07 Kota Bengkulu, mahasiswa berusaha menanamkan pemahaman literasi ekonomi sekaligus menumbuhkan sikap kewirausahaan sejak usia dini dengan melibatkan siswa kelas V dalam kegiatan transaksi sederhana. Pada praktik ini, siswa diberi kesempatan memainkan peran sebagai penjual, pembeli, dan kasir sehingga mereka dapat mengenali proses jual beli sekaligus melatih kemampuan berhitung. Selain itu, kegiatan ini menekankan nilai-nilai penting seperti kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, serta kerja sama yang erat kaitannya dengan dunia bisnis. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa menunjukkan antusiasme tinggi, lebih mudah memahami materi, serta mampu mengasah keterampilan sosial yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Bagi mahasiswa, program ini menjadi sarana penerapan ilmu manajemen sekaligus memperkuat fungsi sosial dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan demikian, simulasi toko mini dapat dipandang sebagai metode pembelajaran kewirausahaan yang efektif, kontekstual, dan menyenangkan, serta berkontribusi terhadap penguatan literasi ekonomi baik bagi siswa maupun mahasiswa.

References

Ardian, F., & Kusuma, A. (2021). Kolaborasi perguruan tinggi dan masyarakat melalui program KKN berbasis pemberdayaan. Jurnal Abdimas Nusantara, 5(1), 55–64.

Ariani, D. (2020). Service learning dalam program KKN: Integrasi ilmu pengetahuan dan kebutuhan masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 115–123.

Handayani, R. (2024). Market day sebagai media literasi ekonomi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 33–41.

Korselinda. (2024). Pengaruh program KKN terhadap peningkatan kapasitas mahasiswa dan pemberdayaan masyarakat. Jurnal Abdimas, 8(1), 55–64.

Korselinda, K. (2024). Peran KKN dalam pemberdayaan masyarakat pedesaan. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan, 6(1), 45–53.

Mahardono, A., Susilo, D., Sahara Fitri, N. R., & Khasanah, M. (2023). Sistem informasi bank sampah berbasis web untuk manajemen pengelolaan sampah di Desa Sumurjomblangbogo Kabupaten Pekalongan. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 7(4), 1540–1549.

Onsardi, O., Kusuma, M., Yulinda, A. T., Yuniarti, R., Saroni, S., & Arianto, T. (2024). Pengolahan persampahan dan bank sampah Kelurahan Betungan Kota Bengkulu. Jurnal Solusi Masyarakat (JSM), 2(1), 69–74.

Pratama, D., & Yuliani, M. (2025). Implementasi simulasi toko mini untuk meningkatkan literasi ekonomi siswa SD. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 87–96.

Putri, N. A., & Sari, D. W. (2022). Pengaruh experiential learning terhadap self-efficacy kewirausahaan siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 6(2), 101–110.

Saptono, A., Wibowo, A., & Pramono, R. (2020). The effect of experiential learning model on entrepreneurial self-efficacy and entrepreneurial intention. Journal of Entrepreneurship Education, 23(3), 1–10.

Suryana, H., & Fitriani, L. (2025). Penerapan simulasi toko mini berbasis KKN dalam meningkatkan minat wirausaha siswa sekolah dasar. Jurnal Abdimas Kreatif, 9(3), 145–156.

Wijayanti, L., & Rahmawati, T. (2023). Efektivitas simulasi dalam pembelajaran kewirausahaan anak usia sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 13(4), 211–222.

Wuryani, E. (2021). Market day sebagai strategi pembelajaran kewirausahaan di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(2), 123–131.

Published

2025-12-02

Issue

Section

Edisi Desember Vol 5 No 3 2025
Abstract viewed = 0 times